Bintang Pustaka Ikuti Peer Learning Meeting (PLM) Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi

Si J 25 September 2023 12:07:37 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul bekerjasama dengan S2 MIP Sekolah Pascasarjana UGM mengadakan Peer Learning Meeting (PLM) Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) pada Senin, 25 September 2023.

Dalam kegiatan tersebut hadir dari Pengelola Perpustakaan Bintang Pustaka (Dewi Sulistyaningsih) dari Kalurahan Tepus. Dan dimulai dengan Sambutan dari Universitas Gadjah Mada Ibu Safira Khoir serta Bapak Akirno, S.Sos.,M.Si dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sekaligus membuka acara.

Selanjutnya Paparan PLM oleh Ibu siti Indarwati PIC Kabupaten Gunungkidul tentang Capaian Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) Kabupaten Gunungkidul. "Prioritas pembangunan manusia yang unggul menjadi perhatian utama," terangnya di hadapan ribuan peserta Peer Learning Meeting nasional Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Transformasi perpustakaan diakui telah mengubah wajah perpustakaan umum. Tempat yang kian nyaman, koneksi internet yang cepat, ditambah ketersediaan koleksi yang tepat guna, merupakan deretan hal positif yang telah mengubah citra dan paradigma perpustakaan menjadi kekinian. Bahkan, di banyak daerah perpustakaan sudah menjadi motor penggerak pada ragam aktivitas masyarakat. Kuncinya ada pada komitmen, sinergitas, dan kolaborasi semua pihak.

Kemudian Narasumber ke 2 Ibu Dian Lestari, S.Pd Kepala Perpustakaan Gelis Pintar Maca dari Bedoyo, Ponjong. Menyapaikan Revolusi Industri 4.0 selalu mengedepankan teknologi. Artinya disini diperlukan penguasaan literasi. Literasi mempunyai empat tahapan. Pertama, kemampuan mengumpulkan sumber-sumber bahan bacaan. Kedua, kemampuan memaknai yang tersirat dan tersurat. Ketiga, kemampuan menghasilkan ide, gagasan, dan kreativitas baru. Dan keempat kemampuan menciptakan barang dan jasa.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233