Sosialisasi Dispusip, Baca Buku Bisa Diakses Melalui Aplikasi (e-pusdagunungkidul)

Rismel 26 September 2023 12:34:41 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Selasa, 26 September 2023 dilaksanakan sosialisasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul di Ruang Perpustakaan Bintang Pustaka Kalurahan Tepus. Peserta yang hadir yaitu dari perwakilan Karang Taruna Kalurahan, perwakilan PKK, perwakilan Bamuskal, perwakilan tenaga pendidik, Petugas Perpus Kalurahan Tepus, dan didampingi Lurah serta Pamong.

Narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul yaitu Kepala Bidang Perpustakaan (Arif Yahya, S.STP.MAP) bersama Siti Endarwati,S.IP, dan Purwanti, S.I.Pust dengan materi Sosialisasi Aplikasi E-pusdagunungkidul.

Disampaikan langsung oleh Lurah Tepus bahwa, "Akses baca buku kini dapat dengan mudah melalui teknologi informasi basis komputer maupun handphone android. Adanya sosialisasi ini agar peserta yang hadir dapat menularkan informasi kepada masyarakat luas di Kalurahan Tepus sehingga dapat mengakses aplikasi ini untuk membaca via digital."

Narasumber Siti Endarwati,S.IP menyampaikan sosialisasi, dengan materi penyampaian diantaranya : 

1. Pendahuluan

Aplikasi e-pusdagunungkidul merupakan perpustakaan digital Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul. Dapat diakses dimanapun dan kapanpun oleh masyarakat (tidak terbatas Kabupaten Gunungkidul) selama ada jaringan internet menggunakan komputer maupun handphone android. Aplikasi e-pusdagunungkidul didalamnya terdapat lebih dari 6.000 penerbit, lebih dari 500 penulis, dan 60.000 judul buku.

2. Akses aplikasi e-pusdagunungkidul

Aplikasi e-pusdagunungkidul dapat diakses melalui Google Play Store dengan cara mendownload aplikasinya.

3. Penggunaan e-pusdagunungkidul 

Untuk menggunakan aplikasi ini, setelah ter-download lalu buat akun agar dapat masuk ke dalam e-pusdagunungkidul menggunakan alamat email. Kemudian isi data pribadi pada akun, lalu aktivasi akun melalui kotak masuk email pribadi.

4. Tampilan e-pusdagunungkidul 

Tampilan depan e-pusdagunungkidul dirancang untuk memudahkan pembaca dalam mencari bahan bacaan yang diinginkan. Terdapat menu pencarian, kategori buku, menu tampilan beranda, tampilan berita, tampilan rak buku, dan tampilan profil. Didalamnya juga ada informasi buku yang terdiri dari judul buku, penulis, penerbit, jumlah halaman, dan nilai buku, serta sinopsis buku.

Setelah penyampaian materi, selanjutnya peserta sosialisasi mengunduh aplikasi e-pusdagunungkidul. Kemudian akan menularkan ilmunya kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan baca digital ini.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233