Malam 9 Bersama Jathilan Singo Barong Pada Gelar Budaya Dewi Kampus

Rismel 27 September 2023 07:26:04 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Selasa, 26 September 2023 malam hari ini memasuki sembilan dari sepuluh event besar yang diselenggarakan oleh Desa Wisata Tepus bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul.

Yaitu gelar budaya dan GTF (Gunungkidul Tourism Fest) tahun 2023 sebagai ajang promosi desa wisata Tepus dan peringatan hari pariwisata dunia yang berlokasi di Cingkrang Hills Kalurahan Tepus (18-27 September 2023).

Singo Barong merupakan grup kesenian Jathilan dari Padukuhan Tepus III Kalurahan Tepus dengan menampilkan aksi memukau Reog Ponorogo (Dadak Merak) diawal pertunjukan. Setelahnya disambung dengan tarian babak putri kemudian babak putra.

Pementasan ini memiliki dua tujuan yang pertama yaitu sebagai sarana menghibur rakyat sekitar dan yang kedua juga dimanfaatkan sebagai media guna promosi pengenalan lebih dalam, penguatan keberadaan tentang Desa Wisata di Kalurahan Tepus berbasis budaya, alam, dan eduwisata.

"Sebelum kesenian Jathilan Singo Barong, juga ada pertunjukan kesenian Reog Klasik Manggala Mataram Padukuhan Tepus III. Jadi semua unsur kesenian kita tampilkan untuk menghibur masyarakat dan pengunjung," Ketua Desa Wisata (Heri Kaur) sampaikan.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233