Kenduri Pariwisata Pada Gunungkidul Tourism Fest 2023 Bersama Dewi Kampus

Rismel 28 September 2023 14:30:03 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Genduren (masyarakat Tepus menyebutnya) atau kenduren atau kenduri merupakan kegiatan adat perkumpulan masyarakat untuk melakukan doa bersama yang dipimpin oleh seorang rais, menggunakan media berupa nasi tumpeng beserta ubo rampe (kelengkapan lauk pauk) sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta dan peringatan peristiwa yang dalam hal ini kenduri pariwisata memperingati hari pariwisata dunia 27 September.

Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul bekerjasama dengan Desa Wisata Tepus untuk menyelenggarakan sebuah acara besar yaitu GTF (Gunungkidul Tourism Fest) tahun 2023 di Ruang Terbuka Hijau Cingkrang Hills Kalurahan Tepus pada Rabu, 27 September 2023. GTF ini menampilkan beragam atraksi, kuliner, seni, dan budaya khas Gunungkidul.

Rangkaian acara GTF dimulai sore hari pukul 15.00 WIB dengan upacara pembukaan kirab pariwisata. Setelah kirab pariwisata masyarakat yang berkumpul selanjutnya melakukan genduri pariwisata di depan panggung hiburan GTF 2023.

Genduri pariwisata ini dipimpin oleh seorang rais (Sungadi, Padukuhan Trosari I) untuk memanjatkan doa keselamatan dan syukur serta doa peringatan wisata di Kabupaten Gunungkidul. Sekaligus memohon agar pelaksanaan GTF 2023 ini berjalan dengan lancar, dapat menjadikan terkesan dengan adanya hiburan masyarakat, serta berharap agar pariwisata Gunungkidul semakin maju.

Genduri diikuti oleh masyarakat dan hadirin GTF dari berbagai unsur mulai dari Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Panewu, Forkompinkap, Perangkat Kalurahan dan Pengelola Desa Wisata Tepus.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233