Galeri Singo Wojo Merupakan Kekayaan Tosan Aji Di Kalurahan Tepus

Si J 29 September 2023 14:10:54 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Tosan Aji adalah senjata pusaka tradisional. Istilah ini merujuk pada segala macam senjata tradisional, yang terbuat dari besi dan dianggap sebagai Pusaka.

Secara umum tosan aji diciptakan tidak hanya sebagai senjata tapi juga sebagai sifat kandel bagi pemiliknya, Yaitu sesuatu yang dapat membangkitkan keberanian, keyakinan bagi pemilik tosan aji tersebut.

Tosan aji diciptakan untuk berbagai kebutuhan, contoh ada keris yang bisa dipergunakan untuk membantu pertanian, untuk kekuasaan dan lain sebagainya tergantung energi dari sang pencipta keris untuk apa keris itu dibuat.

Makin tinggi tingkat spiritual dari sang empu makin hebat pula kekuatan keris yang diciptakan.

Namun sekarang ini, tidak semua keris diburu karena mempunyai kekuatan Mistis. Para kolektor keris berlomba lomba mengkoleksi keris, karena bentuk dan nilai sejarahnya.

Nur Sidiq merupakan salah satu kolektor keris asal Padukuhan Pudak Kalurahan Tepus Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Pria yang juga berprofesi sebagai pengusaha olahan singkong ini mengaku sudah mengkoleksi ratusan macam keris dan benda kuno lainnya. 

Nur sendiri menyukai keris sebagai pendukung edukasi ketimbang nilai magisnya. Tosan Aji ini juga berkolaborasi dengan desa wisata Tepus dan rintisan Kalurahan budaya sebagai salah satu promotor pelestari budaya Jawa. 

Galeri Singo Wojo juga sebagai tujuan wisata edukasi bagi pengunjung dan peminat kebudayaan. 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233