Bagaimana Keseruan Sekolah Saba Kalurahan? Kegiatan Perpus Bintang Pustaka

Rismel 29 September 2023 22:53:50 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Sekolah Saba Kalurahan merupakan program yang dirancang oleh Perpustakaan Bintang Pustaka Kalurahan Tepus dalam rangka meningkatkan minat baca dan kunjungan masyarakat ke perpus. "Saba" dalam bahasa Jawa yang berarti mengunjungi atau bisa juga menuju ke suatu tempat. Program Sekolah Saba Kalurahan intinya suatu penyediaan sarana dan prasarana baca di lingkup Kalurahan Tepus untuk dapat diakses oleh siswa-siswi dari usia pendidikan non-formal, TK, SD, SMP, SMA atau sederajat bahkan sekolah tinggi. Sasarannya pada warga sekolah saat berkunjung dapat memanfaatkan fasilitas perpus yang tersedia.

Seperti tergambar pada kunjungan yang dilakukan oleh pendidikan non-formal PAUD Setyorini Padukuhan Trosari II. Anak-anak PAUD antusias dengan didampingi tenaga pendidik (Asrini Wijayawati, S.Pd dan Sulastri, S.Pd). Sebagai pembuka dan menyambut kedatangan anak PAUD beserta wali dan tendik, Lurah Tepus menyampaikan beberapa hal dalam sambutannya, "Kami sangat senang atas kehadiran adik-adik PAUD Setyorini, kami mohon agar kegiatan kunjungan ini menjadi rutinitas yang dilakukan secara berkala. Atas pelayanan di perpus ini kami juga mohon saran dan masukan untuk menjadi lebih baik kedepannya dalam menanggapi pengunjung perpus."

Selain itu, Lurah Tepus juga menyampaikan informasi dan sosialisasi aplikasi e-pusdagunungkidul sebagai ruang baca digital yang dapat diakses menggunakan handphone.

Setelah pembukaan selesai, selanjutnya anak-anak PAUD melakukan kegiatan seperti menonton film anak, pengenalan potensi Kalurahan seperti wisata pantai, bernyanyi bersama, sesi perkenalan, interaksi dengan pemandu pustaka, mengenal angka dan huruf melalui media buku, dan unjuk diri untuk melatih kepercayaan diri.

Tema atau aktivitas yang dilakukan oleh Sekolah Saba Kalurahan tiap kunjungannya akan berbeda-beda. Hal ini agar tidak menimbulkan kejenuhan. PAUD Setyorini ini melakukan kunjungan pada Jumat, 29 September 2023.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233