Hari Kesaktian Pancasila 01 Oktober 2023

Rismel 01 Oktober 2023 16:17:13 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Tanggal 1 Oktober 2023 memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Sebagai informasi, Hari Kesaktian Pancasila diperingati pada tanggal 1 Oktober setiap tahun untuk mengenang gugurnya para pahlawan dalam peristiwa pemberontakan G30S/PKI tanggal 30 September 1965 silam.

Tahun 2023 ini, diusung Tema Hari Kesaktian Pancasila 2023 adalah "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju". 

Pemberontakan G30S/PKI menjadi salah satu peristiwa kelam setelah kemerdekaan Indonesia. Peristiwa yang terjadi pada tahun 1965 itu telah menyebabkan meninggalnya enam orang jenderal dan satu orang perwira, hingga mereka dinobatkan sebagai Pahlawan Revolusi.

Terdapat tujuh tokoh yang terdiri dari enam jenderal dan satu perwira yang gugur dalam peristiwa G30S PKI. Untuk mengenang jasa mereka, akhirnya tujuh tokoh yang tewas ini diberi gelar Pahlawan Revolusi. Para Pahlawan tersebut diantaranya Jenderal Ahmad Yani, Letjen Mas Tirtodarmo Harmoyo, Letjen Siswondo Parman, Letjen R.Soeprapto, Mayjen Sutoyo Siswomiharjo, Mayjen Donald Isaac Pandjaitan dan Kapten Pierre Tendean.

Gelar Pahlawan revolusi ini didasarkan pada Keputusan Presiden pada tahun 1965. Namun, sejak ditetapkannya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, gelar Pahlawan Revolusi juga diakui sebagai Pahlawan Nasional.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233