Jenis Kepemimpinan Modern Dan Model Kepemimpinan Weberian

Rismel 01 Oktober 2023 20:42:10 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Kepemimpinan Modern yaitu kepemimpinan yang mengutamakan fungsi-fungsi manajerial yang kuat.

Kepemimpinan Modern (leadership) merupakan proses dalam memengaruhi, memotivasi, dan membuat orang lain untuk berkontribusi terhadap kesuksesan dan efektivitas suatu organisasi dalam mencapai tujuannya.

Jenis Kepemimpinan Modern :

1. Demokratis

Pemimpin mendelegasikan otoritasnya dan mengajak para pengikutnya untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan.

2. Afiliatif

Pemimpin memberikan saran-saran yang efektif dan mendorong anggota timnya untuk lebih aktif dalam memberikan ide dan pendapat.

3. Otokratis

Pemimpin yang memiliki kekuasaan absolut dan tanggung jawab penuh dalam memimpin timnya.

4. Visioner

Pemimpin menginspirasi dan memotivasi para anggota timnya, berpegang teguh pada visi yang ditetapkan, dan mendorong tim untuk tujuan besar yang ingin dicapai.

 

Kepemimpinan Birokrasi 3 (Tiga) Model kepemimpinan Weberian :

1. BIROKRASI

Kepemimpinan birokrasi berorientasi pada aturan dan pengawasan yang kaku dan sistematik terhadap bawahan, dengan karakter kekuasaan yang hirarkis, legal dan rational.

2. KARISMATIK

Kepemimpinan karismatik didasarkan pada kepribadian yang berbeda dengan lingkungan sekitarnya, diwarnai oleh sikap kepahlawanan atau keteladanan.

3. TRADISIONAL

Kepemimpinan tradisional menganut sistem feodal atau kerajaan yang menuntut loyalitas, keberpihakan, dan politik dari bawahan.

Materi kepemimpinan ini disampaikan oleh Narasumber Kesbangpol DIY (Djuli Sugiarto, S.Sos., MP) pada Pelatihan Aparatur Desa tahun 2023.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233