Batik Sebagai Identitas Bangsa, Selamat Hari Batik Nasional Tahun 2023

Rismel 02 Oktober 2023 09:14:39 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Kalurahan Tepus memiliki aset lokal produk batik Khas Tepus, dari Padukuhan Gembuk oleh KW Makmur yang dikoordinir oleh Magdalena Sulistyowati. Yaitu batik Klangenan dengan motif khas biota laut (Cipta Samudra).

Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang sangat berharga dan sudah menjadi identitas bangsa ini. Pemerintah Indonesia bahkan telah menetapkan satu hari khusus sebagai Hari Batik Nasional, yakni 2 Oktober 2023.

Ditetapkannya tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional bukannya tanpa alasan. Penetapan tersebut didasarkan pada tanggal diakuinya batik sebagai warisan budaya takbenda oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) beberapa tahun silam.

Selamat Hari Batik Nasional. Gunakanlah batik dengan bangga, karena batik merupakan penggambaran dari jiwa dan identitas bangsa. Dengan batik, kita merayakan keberagaman budaya Indonesia yang mempesona. Batik adalah kain yang menghantar pesan cinta dan kebanggaan akan warisan kita. Batik adalah seni yang terus berkembang, mencerminkan kemajuan dan tradisi kita. Layaknya darah yang mengalir ke tubuh untuk menghidupkan nyawa, tinta mengalir melalui canting untuk memajukan kebudayaan. 

Melansir dari laman resmi Kementerian pendidikan dan kebudayaan, perayaan Hari Batik Nasional memiliki makna yang mendalam. Batik bermakna sebagai perekat bangsa Indonesia sekaligus menjadi simbol persatuan. Dengan adanya batik, tak akan ada pembagian strata sosial, kaya maupun miskin. Hal ini sebabkan karena batik telah menunjukkan kolektivitas dan kebersamaan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233