Tujuan Posyandu dan Tingkat Partisipasi Di Posyandu Tri Buditama

Rismel 05 Oktober 2023 22:51:59 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Penimbangan terhadap bayi dan balita merupakan upaya kesehatan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita. Partisipasi masyarakat dalam penimbangan tersebut digambarkan dalam perbandingan jumlah balita yang ditimbang (D) dengan jumlah balita seluruhnya (S).

Semakin tinggi partisipasi masyarakat dalam penimbangan, maka semakin banyak pula data yang dapat menggambarkan status gizi balita.

Banyak hal yang dapat mempengaruhi tingkat pencapaian partisipasi masyarakat dalam penimbangan, antara lain tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan masyarakat tentang kesehatan dan gizi, faktor ekonomi dan sosial budaya serta sumber informasi.

Tujuan penimbangan secara rutin setiap bulan di Posyandu adalah untuk mengetahui apakah bayi/balita tumbuh sehat, untuk mengetahui dan mencegah gangguan pertumbuhan balita, untuk mengetahui balita sakit, kelengkapan imunisasi dan untuk mendapat penyuluhan gizi.

Dokumentasi penimbangan balita yakni dari Padukuhan Tepus II, Posyandu Tri Buditama pada hari ini Kamis, 05 Oktober 2023. Di Balai Padukuhan Tepus II Kalurahan Tepus Kapanewon Tepus Gunungkidul.

Kader Kesehatan Padukuhan, Tukirah menuturkan, "Penimbangan di Posyandu Tri Buditama dilaksanakan setiap bulan pada tanggal 5. Jumlah balita 24 di bulan Oktober ini dan tingkat kehadirannya mencapai 90 persen. Biasanya ada balita yang tidak hadir karena sedang sakit atau bepergian ke luar daerah."

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233