Membangun Sinergi Penyelenggara Pemilu 2024 (PPS) Dengan Stakeholder Kalurahan

Rismel 07 Oktober 2023 09:35:57 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Tanggungjawab kesuksesan Pemilu Serentak tahun 2024 tidak sepenuhnya dibebankan kepada penyelenggara (KPU dan Panwaslu/Bawaslu), tetapi juga menjadi tanggungjawab bersama seluruh pemangku kepentingan Pemilu Serentak tahun 2024 mulai dari peserta Pemilu (Paslon dan Parpol pendukungnya), masyarakat, dan pemerintah daerah serta pihak keamanan (Polri dan TNI). Karena itu, salah satu kata kunci kesuksesan Pemilu Serentak tahun 2024 adalah membangun sinergitas antara penyelenggara dengan stakeholder atau pemangku kepentingan. Untuk menjawab potensi permasalahan yang muncul di Pemilu Serentak tahun 2024, maka jawaban kuncinya adalah mutlak dilakukan sinergi dan sinergitas antara semua komponen yang terlibat.

 

Sinergi sering diartikan sebagai upaya membangun dan memastikan hubungan kerjasama yang produktif dan kemitraan yang harmonis untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan berkualitas. Sedangkan sinergitas diartikan sebagai proses memadukan beberapa aktivitas dalam rangka mencapai suatu hasil yang baik dan maksimal. Jika sinergitas dikaitkan dengan Pemilu, maka tentu dimaksudkan sebagai proses memadukan beberapa aktivitas dalam upaya mencapai hasil Pemilu yang berkualitas dan berintegritas. Kunci tercapai sinergitas tersebut adalah koordinasi dan kerjasama. Dalam konteks Pemilu maka sinergitas harus diwujudkan oleh para pemangku kepentingan atau stakeholder.

Seperti halnya kerjasama yang terjadi antara PPS Kalurahan Tepus bersama Lurah dan Pamong Kalurahan serta melibatkan PPK Kapanewon Tepus dalam koordinasi yang terjadi di Balai Kalurahan Tepus, Kamis 05 Oktober 2023 membahas progres DPTb di Kalurahan Tepus.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233