Tajuk Gunungkidul Handayani, Apa Makna Semboyan HANDAYANI

Rismel 07 Oktober 2023 23:05:27 WIB

https://gunungkidulkab.go.id/D-6042d10188e48c8e84e61d9d4b46f7d2-NR-100-0.html

Buka link website Kabupaten Gunungkidul > Profil Identitas Daerah

Didalamnya mengandung makna SEMBOYAN PEMBANGUNAN 

 

Semboyan Pembangunan Kabupaten Gunungkidul adalah "HANDAYANI"

Sesuai PERDA Nomor I Tahun 1993 : Kata Handayani dimaksudkan mempunyai arti berhasil guna , berdaya guna dan tepat guna. Handayani adalah merupakan akronim yang kepanjangannya adalah sebagai berikut : 

 

H kependekan dari HIJAU berarti :bahwa penghijuaan di Kawasan Kabupaten Gunungkidul tetap dan terus digalakkan agar tetap hijau sehingga menambah dan meningkatkan kesuburan dan karena hijau adalah kunci keberhasilan pebangunan di Kabupate Gunugkidul.

A kependekan dari AMAN berarti:bahwa suasana di Kabupaten Gunungkidul diharapkan selalu dala keadaan aman dan tentram, yang senan tiasa terjaga ketertiban dan keamanannya sehingga dapat menunjang stabilitas nasional.

N kependekan dari NORMATIF berarti:Segala tidakan semua aparat pemerintah besert masyarakat senantiasa berdasarkan hukum dan peraturan perudang-undangan yang berlaku untuk mewujudkan aparatur pemerintah yang bersih dan wibawa serta masyarakat dan sadar hukum.

D kependekan dari DINAMIS berarti:Masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pembangunan penuh semangat, jiwa dan tenaga sehingga dapat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan dalam mencapai keberhsilan pembangunan.

A kependekan dari AMAL berarti:masyarakat Gunugkidul senantiasa sadar untuk melakukan amal shaleh dan atau perbuatn luhur dengan berlandaskan iman yang kuat serta taqwa kepada Tuha YME.

Y kependekan dari YAKIN berarti:Aparatur pemerintah dan masyarakat harus percaya diri sendiri, tegas dan mantap dalam bertindak dan mengambil keputusa sehigga dalam melaksanakan setiap program kerja/kegiata pembangunan di yakini dapat berhsil dengan baik dan semakin meningkat.

A kependekan dari ASAH ASIH ASUH berarti :Untuk menggrakkan masyarakat Gunungkidul dalam melaksanakan pembangunan senantiasa mengembangkan sikap-sikap mendidik/melatih dengan penuh kasih sayag, dan membimbingnya serta memelihara supaya dapat mempunyai kemampuan untuk mandiri.

N kependekan dari NILAI TAMBAH berarti:Hasil dari setiap usaha diharapkan selalu mempunyai nilai tambah sehingga dapat semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

I kependekan dari INDAH berarti:lingkungan panorama alam Gunungkidul yang indah, menarik dan menawan perlu dilestarikan serta obyek-obyek wisata relijious, wisata budaya,wisata sejarah, wisata pantai, wisata goa maupun wisata hutan perlu ditingkatkan penataannya agar lebih menarik para wisatawan sehingga mampu menambah dan meningkatkan pendapatan daerah.

 

Karena Kalurahan Tepus merupakan bagian dari Kabupaten Gunungkidul, maka semaksimal mungkin masyarakat Tepus menerapkan semboyan HANDAYANI tersebut.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233