Kegiatan Posyandu Remaja, Bentuk Kepedulian Kalurahan Terhadap Generasi Muda

Rismel 08 Oktober 2023 23:51:59 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Organisasi yang bersangkutan dengan kesehatan remaja terbentuk dalam kegiatan posyandu remaja di Kalurahan Tepus. Merupakan bentuk kerjasama antara Pemerintah Kalurahan Tepus dengan UPT Puskesmas Tepus II. Pemerintah Kalurahan sebagai fasilitator dengan menyediakan SDM (Kader Kesehatan Remaja, alat penunjang, dan dukungan penuh. Serta pihak Puskesmas sebagai pendamping terhadap kesiapan SDM tentang standar kegiatan yang dilakukan di posyandu remaja guna pelayanan yang tepat.

 

Posyandu remaja adalah kegiatan berbasis kesehatan yang diperuntukkan khusus untuk remaja. Kegiatan ini akan membahas mengenai kesehatan fisik dan mental dengan tujuan membantu perkembangan remaja.

 

Remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Masa remaja sering disebut masa terlabil, dimana seorang anak berusaha mencari jati dirinya. Dalam fase ini, mereka akan melakukan penyesuaian dengan lawan jenis, perubahan pola perilaku, dan sosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Posyandu remaja merupakan salah satu kegiatan berbasis kesehatan masyarakat khusus remaja, untuk memantau dan melibatkan mereka demi peningkatan kesehatan dan keterampilan hidup sehat secara berkesinambungan. 

Manfaat posyandu remaja :

1. Memperoleh pengetahuan mengenai kesehatan

2. Membekali remaja keterampilan hidup sehat

3. Sebagai sarana sosialisasi remaja

4. Kesehatan akan terus terpantau

Kegiatan posyandu remaja :

1. Pengisian kuesioner kesehatan

2. Pemeriksaan kesehatan

3. Pelayanan kesehatan

4. Kegiatan berbeda setiap bulannya (konseling, senam, pemutaran film, permainan, dll)

Pelaksanaan posyandu remaja Padukuhan Tegalweru pada Minggu, 08 Oktober 2023 di Balai Padukuhan. Pada giat ini sekaligus pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233