Persiapan Tamu Dari Brawijaya, Tim Dewi Kampus Adakan Kerja Bakti dan Terapkan Prinsip Layanan Prima

Rismel 09 Oktober 2023 17:15:14 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Guna mempersiapkan diri dalam pelayanan tamu yang akan datang untuk paket Live-In pada tanggal 10 Oktober 2023 besok, pengelola Desa Wisata Tepus beserta anggotanya melakukan beberapa kegiatan yang bersifat gotong royong. Kerja bakti persiapan tamu kerap dilakukan sebelum hari H pelaksanaan di titik-titik yang menjadi tujuan atau destinasi wisata. Seperti hari ini, Senin sore 09 Oktober 2023 di Desa Wisata Tepus. Hal ini dilakukan untuk memberikan layanan terbaik baik dari segi tempat maupun bentuk layanan prima.

Ada 6 unsur pokok prinsip pelayanan prima :

1. Attitude : Sikap

Attitude adalah sikap saat menghadapi dan melayani wisatawan. Potret desa wisata diawali dari kesan yang ditorehkan oleh pengelola selaku pelayan tamu. Bagaimana sikap dan pelayanan akan menggambarkan dan memberi citra Desa Wisata Tepus, sikap yang ramah penuh simpatik dan menjunjung tinggi profesionalisme.

2. Ability : Kemampuan

Ability merupakan kemampuan kerja yang baik untuk menangani wisatawan seperti komunikasi efektif, pengetahuan di bidangnya, memahami SOP dan menjadi informan yang bijak.

3. Attention : Perhatian

Attention adalah bentuk kepedulian terhadap kebutuhan, pertanyaan, hingga keluhan dari pelanggan berupa tanggap bergegas atau menunjukan atensi untuk segera melayani dengan cepat dan baik.

4. Appearance : Penampilan

Appearance adalah penampilan yang mencerminkan kualitas serta kredibilitas pelayanan kepada konsumen. Penampilan pengelola Desa Wisata baik secara fisik maupun non fisik merefleksikan kredibilitas desa wisatanya, maka dari itu penting untuk selalu menjaga penampilan ini.

5. Accountability : Tanggung Jawab

Accountability merupakan bentuk tanggung jawab yang diberikan kepada konsumen guna mengatasi keluhan, ketidakpuasan, atau masalah lain yang ditimbulkan.

6. Action : Tindakan

Action adalah tindakan nyata saat melayani konsumen. Attention (perhatian) penekanannya pada bagaimana kita memberikan atensi kita terhadap kebutuhan atau keinginan pelanggan tamu kita. Kemudian atensi ini haruslah dilanjutkan dengan action (tindakan) yang nyata atas apa yang menjadi kebutuhan dari wisatawan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233