Persiapan Tamu Dari Brawijaya, Tim Dewi Kampus Adakan Kerja Bakti dan Terapkan Prinsip Layanan Prima
Mas Danarta 09 Oktober 2023 17:15:14 WIB
Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Guna mempersiapkan diri dalam pelayanan tamu yang akan datang untuk paket Live-In pada tanggal 10 Oktober 2023 besok, pengelola Desa Wisata Tepus beserta anggotanya melakukan beberapa kegiatan yang bersifat gotong royong. Kerja bakti persiapan tamu kerap dilakukan sebelum hari H pelaksanaan di titik-titik yang menjadi tujuan atau destinasi wisata. Seperti hari ini, Senin sore 09 Oktober 2023 di Desa Wisata Tepus. Hal ini dilakukan untuk memberikan layanan terbaik baik dari segi tempat maupun bentuk layanan prima.
Ada 6 unsur pokok prinsip pelayanan prima :
1. Attitude : Sikap
Attitude adalah sikap saat menghadapi dan melayani wisatawan. Potret desa wisata diawali dari kesan yang ditorehkan oleh pengelola selaku pelayan tamu. Bagaimana sikap dan pelayanan akan menggambarkan dan memberi citra Desa Wisata Tepus, sikap yang ramah penuh simpatik dan menjunjung tinggi profesionalisme.
2. Ability : Kemampuan
Ability merupakan kemampuan kerja yang baik untuk menangani wisatawan seperti komunikasi efektif, pengetahuan di bidangnya, memahami SOP dan menjadi informan yang bijak.
3. Attention : Perhatian
Attention adalah bentuk kepedulian terhadap kebutuhan, pertanyaan, hingga keluhan dari pelanggan berupa tanggap bergegas atau menunjukan atensi untuk segera melayani dengan cepat dan baik.
4. Appearance : Penampilan
Appearance adalah penampilan yang mencerminkan kualitas serta kredibilitas pelayanan kepada konsumen. Penampilan pengelola Desa Wisata baik secara fisik maupun non fisik merefleksikan kredibilitas desa wisatanya, maka dari itu penting untuk selalu menjaga penampilan ini.
5. Accountability : Tanggung Jawab
Accountability merupakan bentuk tanggung jawab yang diberikan kepada konsumen guna mengatasi keluhan, ketidakpuasan, atau masalah lain yang ditimbulkan.
6. Action : Tindakan
Action adalah tindakan nyata saat melayani konsumen. Attention (perhatian) penekanannya pada bagaimana kita memberikan atensi kita terhadap kebutuhan atau keinginan pelanggan tamu kita. Kemudian atensi ini haruslah dilanjutkan dengan action (tindakan) yang nyata atas apa yang menjadi kebutuhan dari wisatawan.
Formulir Penulisan Komentar
Pencarian
Komentar Terkini
Statistik Kunjungan
Hari ini | ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Kemarin | ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
Pengunjung | ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
- Direktur BUM Desa Punokawan Tepus Hadiri Rakor BUMKal Tingkat Kabupaten
- LOKAKARYA MINI TRIBULANAN KE-2 PUSKESMAS TEPUS BAHAS STATUS BEBAS LOKUS STUNTING
- Logo KIM Kalurahan Tepus : Simbol Informasi dan Potensi Lokal
- PWRI Kalurahan Tepus Gelar Pertemuan Rutin, Evaluasi Kegiatan Syawalan Jadi Pokok Bahasan
- Koperasi Desa Merah Putih Kalurahan Tepus Telah Resmi Berbadan Hukum
- KIM Kalurahan Tepus Ikuti Sosialisasi Pendaftaran TA DTS 2025
- Sekilas Tentang Program Unggulan Kejaksaan : Suluh Praja