Sarasehan Tema Tata Kelola Pariwisata dan Ekraf : Dewi Kampus Bersama Pegiat Wisata Blitar Jatim

Rismel 11 Oktober 2023 07:31:48 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Selasa, 10 Oktober 2023 pukul 10.00 WIB, rombongan wisatawan beraktivitas di Pendopo Balai Kalurahan Tepus yaitu sesi sarasehan. Sejumlah 45 orang tamu di Desa Wisata Tepus ini terdiri dari unsur Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Blitar, Mahasiswa dan Dosen dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya Malang, Pemerintah Kecamatan Panggungrejo, Pemerintah Desa Serang dan Desa Sumbersih, dan unsur Bumdes, Pokdarwis, Pegiat Wisata dari kedua Desa tersebut.

Sarasehan tema Tata Kelola Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terdiri dari berbagai kegiatan, yang pertama sambutan selamat datang dari Hendro Pratopo, S.IP (Lurah Tepus) sekaligus menyampaikan tentang profil Kalurahan Tepus dan dukungan Pemerintah Kalurahan Tepus terhadap keberlangsungan Desa Wisata Tepus.

Penyampaian materi dan diskusi oleh Suheri, S.IP (Ketua Desa Wisata Tepus) tentang Tata Kelola Desa Wisata Tepus sebagai pengembangan sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Penyampaian materi dan diskusi oleh Turistyo (Direktur Bumkal Tepus) tentang kedudukan Bumkal dalam pemberian dukungan terhadap Desa Wisata, serta bagaimana menjalin sinergitas bagi semua stakeholder berkepentingan.

Fokus diskusi dan tanya jawab dengan audiens berupa :

a). Konsep hubungan antara Desa Wisata, Bumdes, dan Pokdarwis.

b). Pengelolaan destinasi wisata dan penyusunan atau ramuan paket wisata di desa wisata Tepus.

c). Upaya menumbuhkan peran serta dan semangat pegiat wisata atau peningkatan SDM.

d). Kesiapan dan upaya menumbuhkan mitra desa wisata seperti UMKM dan komunitas pelaku wisata (jeep, tukang foto).

Tanggapan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Blitar, "Terimakasih kami diterima sangat baik sekali, ada hidangan-hidangan dan tari. Ini diluar ekspektasi kami. Sejak pertama datang, foto di depan tugu Keistimewaan dan saya melihat logo-logo baik pemerintahan, lembaga, karang taruna, PKK, desa wisata yang berarti menandakan bahwa di Kalurahan Tepus saling keterkaitan dan terintegrasi dalam dukungan pengembangan pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Dari mulai masuk kami sudah mempelajari hal-hal yang akan bisa menjadi referensi gambaran pengembangan pariwisata yang bisa dikembangkan. Apa yang dilakukan hari ini agar menjadi motivasi untuk pegiat wisata di Desa Serang dan Desa Sumbersih," sambutan yang disampaikan oleh Yanti Sholikah, ST.MM (Plt. Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif).

Semboyan : Blitar, Line of Kings menjadi semangat motivasi dan penegasan yang berarti "Barisan Raja" untuk memperkuat ikatan persaudaraan dan kerja sama antarwarga Blitar dalam mencapai kemajuan bersama.

 

Desa Wisata Tepus : Orasebaene 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233