Dua Kali Adakan Kompetisi Ketapel, Kalurahan Tepus Wujudkan Status Desa Ketapel

Rismel 15 Oktober 2023 21:42:04 WIB

Pengurus Komunitas Mlinthengan Tepus yang disingkat KMT merupakan kelompok yang mempunyai hak untuk melaksanakan program pelestarian permainan tradisional

Plinthengan atau Ketapel yang merupakan kekayaan budaya tradisional yang ada di Kalurahan Tepus sebagai Rintisan Kalurahan Budaya. KMT telah menjadi organisasi resmi yang mendapatkan Surat Keputusan (SK) Lurah yang ditetapkan di Tepus pada tanggal 30 Agustus 2023. Dalam melaksanakan kegiatannya KMT berkomunikasi dengan Pemerintah Kalurahan Tepus.

Sebagai organisasi yang diakui Kalurahan, KMT menjalankan program-programnya yaitu berupa adanya kegiatan produksi frame (kerangka) ketapel, pertemuan rutin untuk koordinasi, latihan rutin di arena untuk mengasah para atlet, dan juga mengadakan kompetisi atau perlombaan.

Sebagai Ketua (Turistyo) juga bekerjasama dan mendapatkan dukungan dari Mahasiswa UAD Yogyakarta dan Komunikasi Ketapel Gunungkidul pada programnya. Seperti telah dilaksanakan Kompetisi Ketapel Kategori Multi Target pada tanggal 24 September 2023 lalu berhasil mengajak warga masyarakat yang memiliki minat dan bakat. Event ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan dengan memperebutkan kejuaraan dan memperoleh hadiah bagi pemenangnya.

Terus eksis di kegiatannya, KMT hari ini Minggu 15 Oktober 2023 melaksanakan kompetisi ketapel yang kedua.

Kompetisi ketapel kedua ini diikuti oleh atlet lokal tingkat Kalurahan. Para peraih juara I, II, dan III juga berhasil mendapatkan sertifikat dan hadiah uang tunai.

"Kompetisi ketapel ini akan secara berkesinambungan dilaksanakan di Kalurahan Tepus, untuk membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi masyarakat yang memiliki bakat. Sehingga nantinya dapat bertanding skala daerah maupun nasional," ucap Ketua KMT ditemui usai pelaksanaan kegiatan.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233