Open Turnamen Ketapel Tingkat Nasional : 'Desa Ketapel' Kalurahan Tepus Gunungkidul

Rismel 29 Oktober 2023 16:34:38 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Event Open Turnamen Ketapel yang diadakan di 'Desa Ketapel' Kalurahan Tepus Kapanewon Tepus Kabupaten Gunungkidul sukses digelar di Halaman Balai Kalurahan Tepus, Minggu 29 Oktober 2023. Diikuti oleh berbagai komunitas ketapel tingkat nasional, atlet yang menjadi peserta berjumlah 100 shooter sesuai kuota diantaranya berasal dari :

1. SPG - Sedulur Plintheng Gunungkidul (DIY)

2. PSSC-Puma Solo Slingshot Club (Kota Solo)

3. INDEPENDENT (Kab. Sukoharjo)

4. CAKAR GARUDA (Kota Semarang)

5. PLINTHENGAN SERASI (Kab. Semarang)

6. SCF-Solo Catapult Forum (Kota Solo)

7. TURTLE SLINGSHOT (Bandung)

8. TSC-Tegal Slingshot Club (Kota Tegal)

9. JBT ITHENG (Kota Salatiga)

10. BOS-Boyolali Slingshot Club (Kab. Boyolali)

11. POLINES KETAPEL (Kota Semarang)

12. WSC-Wonogiri Slingshot Club (Kab. Wonogiri)

13. PUSAKA (Kota Salatiga)

14. KAPTEN (Banten)

15. GOD USOPP (Kab. Gunungkidul)

16. SEKEMA (Magelang)

17. PCC KETAPEL (Kab. Sleman)

18. PUTRA DIPA (Kab. Semarang)

19. KMT Gunungkidul (DIY)

Sebagai pemberi dukungan event ini dihadiri oleh Dosen Pembimbing Kampus UAD Yogyakarta (Dr. Feri Budi Setyawan M.Pd Aifofit), Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul (Sutarna, Kasi Warisan Budaya), Mahasiswa UAD Yogyakarta (PPK Ormawa) sebagai tim panitia pelaksana, Lurah Tepus dan Pamong Kalurahan, dan Karangtaruna Kalurahan Tepus.

Sekitar pukul 08.00 dimulai dengan registrasi ulang peserta selanjutnya opening Ceremonial. Selanjutnya pelaksanaan perlombaan di arena ketapel hingga sesi pengumuman juara dan pembagian hadiah. Diketahui sesuai informasi dari panitia pelaksana bahwa hadiah berupa sertifikat, trophy, dan uang pembinaan dengan ketentuan juara I sebanyak Rp. 1.500.000, juara II sebanyak Rp. 1.000.000, juara III sebanyak Rp. 750.000, dan juara IV sebanyak Rp. 250.000. Peraih Juara pada open turnamen kali ini adalah :

1. Juara I, Yohanes Dwi Wibowo (Plinthengan Serasi Kab. Semarang)

2. Juara II, Asang (SCF Kota Solo)

3. Juara III, Andik Pentet (PSSC Kota Solo)

4. Juara IV, Wawan (WSC Kab. Wonogiri)

"Merupakan suatu kebanggaan adanya event Ketapel Nasional ini di Kalurahan Tepus, kami sangat berterimakasih atas pembinaan dan dukungan dari berbagai pihak yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat bidang olahraga tradisional ini. Semoga dengan adanya program ini dan berbagai kegiatan yang telah dilakukan mulai dari terbentuknya komunitas ketapel di Kalurahan Tepus, pelatihan produksi Ketapel, pelatihan teknik dan penumbuhan atlet ketapel di Kalurahan Tepus, hingga adanya open turnamen yang telah dilakukan tiga kali ini menjadi support bagi Kalurahan Tepus untuk selanjutnya dapat mengembangkan potensi atraksi olahraga tradisional yang bermanfaat dan berdaya guna bagi pemberdayaan masyarakat dan ekonomi," ujar Turistyo selaku Karangtaruna Kalurahan Tepus ditemui usai acara.

Open Turnamen Ketapel ini sekaligus puncak pengabdian Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) tahun 2023 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta di Kalurahan Tepus.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233