Didampingi KKN AMPTA Yogyakarta, Kesenian Ogleng Di Kalurahan Tepus Semangat Membara

Rismel 01 November 2023 23:06:02 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Salah satu program kerja Mahasiswa KKN AMPTA Yogyakarta yang berada di Padukuhan Pacungan Kalurahan Tepus ini adalah pelestarian kesenian Ogleng. Berdiri sejak tahun 1973 kesenian Ogleng ini menjadi hiburan yang memiliki daya tarik dan eksistensi pada zamannya, seiring waktu kini kesenian Ogleng terhenti.

Mengetahui potensi tersebut, KKN AMPTA memberikan dukungan kepada kelompok seni tersebut untuk dapat berkembang dan eksis lagi karena merupakan warisan seni dan budaya yang perlu dilestarikan.

Dukungan dan pendampingan yang dilakukan berupa pengaktifan kembali latihan dan juga tentang legalitas kesenian.

Seperti malam ini, Rabu 01 November 2023 di Balai Padukuhan Pacungan diadakan latihan kesenian Ogleng. Latihan dilaksanakan secara rutin seminggu sekali dan rencananya sebelum usia masa KKN, kesenian Ogleng akan pentas sebagai bentuk kesuksesan pendampingan kesenian untuk selanjutnya dapat terus dikembangkan.

Menurut Heri Kaur Tatalaksana yang mendampingi program KKN, Ogleng merupakan warisan seni dan budaya yang harus disupport agar hidup lagi dan menjadi salah satu suguhan atraksi wisata pada pengembang desa wisata dan juga menambah kekayaan seni di Kalurahan Tepus.

"Terimakasih atas partisipasi para pegiat kesenian Ogleng, Saya melihat mereka berantusias dalam latihan. Ini nantinya akan menjadi salah satu suguhan seni pada pengembangan desa wisata dan sesuai slogan kita bahwa Kalurahan Tepus adalah Kalurahan yang ber-madani artinya berbudaya yang kaya akan kebudayaan," kata Heri Kaur saat hadiri momen latihan kesenian Ogleng.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233