Visitasi Assesor Kegiatan PPK Ormawa Universitas Ahmad Dahlan di Kalurahan Tepus

mz 05 November 2023 19:14:32 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Assesor dari Kemdikbuddikti hadir di Kalurahan Tepus untuk melakukan visitasi lapangan Program Peningkatan Kapasitas Mahasiswa (PPK Ormawa) di Kalurahan Tepus. 

Seperti diketahui bahwa Mahasiswa UAD sejak bulan Juli 2023 melaksanakan program peningkatan kapasitas dengan tajuk Desa Tepus Menjadi Desa Ketapel. Ketapel atau "plintheng" akan diangkat menjadi salah satu olahraga tradisional yang mempunyai nilai prestasi. Program ini telah terbukti dengan keberhasilan dilaksanakan event lomba ketapel dari tingkat lokal, daerah, bahkan nasional beberapa waktu lalu.

Hari ini (minggu, 05/10/2023) Bp Dr. Ujang Suwarna, S.Hut., M.Sc. dari Kemdikbuddikti melakukan visitasi langsung bertemu dengan mitra dari PPK Ormawa yakni dari Pemerintah Kalurahan Tepus, Komunitas Mlinthengan Tepus (KMT), Sedulur Plintheng Gunungkidul (SPG), Pengurus Rintisan Kalurahan Budaya, dan Tokoh Masyarakat. Acara yang berlangsung di Balai Kalurahan ini diawali dengan sambutan Lurah Tepus, selanjutnya diadakan wawancara mengenai apa sebenarnya yang telah dilakukan oleh PPK Ormawa UAD, bagaimana efek manfaat yang telah di dapat, dan apa yang akan dilakukan ke depan agar program ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Ada hal menarik yang disampaikan Bp Dr. Feri Budi Setyawan MPd. AIFO FITi Dosen Pembimbing dari UAD, bahwa program membumikan olahraga tradisional ketapel mempunyai tujuan besar bahwa dengan berbagai istilah yang ada di seluruh Indonesia, olahraga tradisional ketapel akan diakui dunia sebagai olahraga tradisional milik Indonesia, jangan sampai diklaim oleh negara lain.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233