Posyandu terintegrasi program kesehatan jiwa dan penanggulangan bunuh diri

Si J 07 November 2023 15:49:27 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Undang-undang nomor 18 tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa menyebutkan bahwa upaya kesehatan jiwa diselenggarakan melalui pendekatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang dilaksanakan secara terpadu, menyeluruh, dan berkesinambungan bersama-sama dengan lintas program dan lintas sektor terkait. Dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, berbagai upaya tengah diwujudkan agar dapat merealisasikan makna yang terkandung dalam Undang-undang tentang Kesehatan Jiwa tersebut. 

Salah satu upaya prevensi primer adalah dengan berorientasi pada kelompok masyarakatyang belum mengalami masalah maupun gangguan jiwa. Dalam upaya melakukan program prevensi ini maka diperlukan pedoman terkini layanan kesehatan jiwa di pelayanan kesehatan tingkat primer. 

Upaya promotif dan preventif kesehatan jiwa saat ini lebih diutamakan melalui pendekatan siklus kehidupan dimulai dari saat pra nikah dan konsepsi hingga pendekatan di masa tumbuh kembang anak remaja sehingga menjadi sangat penting upaya mengenali faktor resiko masalah kejiwaan, pencegahan secara eksplisit, memperbaiki konsekuensi akibat kesulitan dan kerentanan kesehatan jiwa sejak dini yang diharapkan dapat mencegah morbiditas dan mortalitas akibat gangguan jiwa.

Untuk itu Setda Gunungkidul memfasilitasi Kebijakan bidang Kesehatan dan Pemberdayaan Perempuan dengan tema “Posyandu terintegrasi program kesehatan jiwa dan penanggulangan bunuh diri (Kalurahan Siaga Sehat Jiwa)”.

Acara tersebut berlangsung hari ini Selasa, 07 November 2023 di Ruang Rapat HandayaniSetda Kabupaten Gunungkidul yang dihadiri oleh Lurah Se Gunungkidul dan Kalurahan Tepus sendiri mewakilkan Plt Kamituwa (Setiyo Wibowo). 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233