Wedang Uwuh dan Olahan Talas : Salah Satu Rujukan Welcome Drink Dewi Kampus Dukungan KKN AMPTA Yogya

Rismel 08 November 2023 10:36:45 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Sesuai harapan Ketua Desa Wisata Tepus bahwa program kerja KKN AMPTA Yogyakarta agar mampu mendampingi kelompok masyarakat untuk menciptakan produk baru di Dewi Kampus dalam menunjang wisata. Salah satunya yaitu di Padukuhan Pacungan bersama KKN AMPTA kelompok masyarakat khususnya perempuan didampingi mengikuti pelatihan pembuatan olahan makanan atau kuliner yang menarik serta efektif dan efisien. Hasil olahan ini juga sempat disajikan pada sajian makanan dan minuman sambutan atau welcome drink di Desa Wisata Tepus (wisatawan fun trip Mahasiswa AMPTA 07 November 2023) . Selebihnya saat produk ini mampu bersaing dan menarik minat penikmatnya, maka akan bisa bekerjasama dan bergabung dengan Dewi Kampus sebagai beberapa alternatif penyedia kuliner. 

Sesuai informasi dari Dukuh (Martiningsih, S. Pd) menyampaikan bahwa ada dua jenis produk olahan dampingan KKN AMPTA kepada ibu-ibu PKK di Pacungan, "Ibu-ibu PPK telah mengikuti pelatihan pembuatan olahan makanan dan minuman yaitu pembuatan mie berbahan dasar kimpul atau talas dan pembuatan wedang uwuh. Kami sangat antusias karena bahan mudah di dapat dan ini kuliner yang menarik."

1. Olahan Produk Talas

Talas (kimpul dalam bahasa daerah Tepus) merupakan bahan olahan yang cukup mudah ditemui dan dapat diolah banyak macam produk salah satunya mie talas. Mie ini memiliki tekstur yang kenyal, lembut, dan lebih padat dari mie kebanyakan. Selain itu, kandungan di dalam talas sangat baik bagi tubuh, salah satu manfaatnya yaitu mencegah diabetes, mie ini jelas lebih sehat, alami, dan cocok menggantikan mie instan. Mie ini dijadikan sebagai welcome snack dengan tujuan untuk mengenalkan olahan produk khas kalurahan Tepus khususnya padukuhan Pacungan.

2. Wedang Uwuh

Wedang uwuh merupakan minuman tradisional yang terbuat dari beberapa jenis rempah-rempah yang diracik. Banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Wedang uwuh ini cocok sebagai minuman untuk menyambut kedatangan wisatawan karena menghangatkan tubuh, sama halnya dalam menyambut wisatawan dengan kehangatan. Beberapa komponen yang terkandung pada wedang uwuh antara lain kayu secang, daun pala, daun salam, cengkeh, jahe, serai, dan gula batu.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233