Bimtek Manajemen Operasional TPS3R Di Kalurahan Tepus : DLH Gunungkidul

Rismel 09 November 2023 11:33:23 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id)Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan bimbingan teknis bagi pengelola TPS3R di Kalurahan Tepus. Kamis, 09 November 2023 di Ruang Perpustakaan Bintang Pustaka Kalurahan Tepus pertemuan dihadiri oleh Lurah Tepus, Pamong Kalurahan, pengurus Bumkal, perwakilan Bamuskal, dan pengurus TPS3R Dadi Rejeki Padukuhan Pacungan.

Pada pembukaan Kepada Bidang P4LH DLH (Eko Suharso Prihantoro, S T., MT.) menyampaikan tujuan bimtek ini agar memaksimalkan kesiapan SDM pengurus TPS3R Dadi Rejeki di Kalurahan Tepus, "Adanya Bimtek Manajemen Operasional TPS3R ini agar meningkatkan profesionalisme dan kompetensi SDM dalam pengelolaan sampah dan meningkatkan kompetensi layanan sampah."

Disampaikan pula dasar pelaksanaan TPS3R dan dasar penarikan iuran langganan sampah yaitu peraturan daerah :

1. Perda Kabupaten Gunungkidul Nomor 14 tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

2. Perda Kabupaten Gunungkidul Nomor 2 tahun 2020 tentang Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan.

Judul kegiatan yaitu Bimtek Manajemen Operasional TPS3R. DLH juga menggandeng narasumber berasal dari Solo, Septa Nugroho sebagai konsultan dan pendamping TPS3R, beliau menyampaikan beberapa materi teknis panduan konstruksi dan operasional TPS3R. Materi tentang pemrosesan sampah di TPS3R disampaikan ada tiga pokok pekerjaan yaitu adanya sampah rumah tangga ; adanya pengangkutan sampah ; dan adanya pemilahan sampah di TPS3R.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233