Desa Wisata Maju UMKM Payu, Dampak Desa Wisata Terhadap Perekonomian Masyarakat

Rismel 12 November 2023 21:53:12 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Sektor pariwisata merupakan sektor yang potensial untuk dikembangkan sebagai salah satu sumber penunjang kesejahteraan ekonomi masyarakat. Dampak pengembangan pariwisata bagi kehidupan ekonomi di daerah tujuan wisata seperti di Desa Wisata Tepus yaitu adanya kegiatan wisata di wilayah tersebut membuka peluang usaha. Dimana pembentukan desa wisata ini menawarkan kegiatan wisata yang menekankan pada unsur-unsur pengalaman adanya interaksi langsung antara wisatawan dengan masyarakat setempat. Seperti halnya yang ditawarkan di paket wisata Dewi Kampus salah satunya yaitu wisata edukasi UMKM.

Berbagai kelompok masyarakat yang menjadi mitra Dewi Kampus baik di bidang fashion, kuliner, jasa dan lainnya.

UMKM berbasis kawasan wisata merupakan penyedia produk dan layanan yang bersinergi secara harmonis dengan Desa Wisata Tepus. Produk yang disediakan merupakan produk yang berakar pada budaya dan kearifan lokal.

Salah satu representasi dari kegiatan bisnis pada Desa Wisata Tepus terhadap UMKM yaitu dengan melibatkan wisatawan berkunjung sekaligus dapat berbelanja produk UMKM. Selain berkontribusi secara aktif dalam pengembangan kawasan setempat, desa wisata jugamemberikan dampak langsung dengan memasarkan produk UMKM sehingga terjadi perputaran ekonomi.

Dokumentasi yang tergambar adalah dimana saat wisatawan asal Klaten Jawa Tengah berbelanja produk olahan singkong Pathilo dari Padukuhan Pakel Kalurahan Tepus.Kelompok olahan singkong ini selanjutnya mendapat imbas positif merasa produknya laku terjual sehingga dapat memproduksi lagi (12/11/2023).

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233