Mengenal Penyuluh Pertanian Lapangan - Peran PPL di Tepus

Rismel 14 November 2023 14:52:37 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Menurut Wikipedia Indonesia, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) merupakan petugas dari Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian (BPP) kabupaten yang diperbantukan untuk memberikan pengarahan, pembinaan, dan penyuluhan di bidang pertanian dengan basis administrasi kecamatan.

Penyuluh bertugas memberikan dorongan kepada petani agar mau mengubah cara berpikir, cara kerja dan cara hidup yang lebih sesuai dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi pertanian yang lebih maju.

Tiga peran pokok PPL :

1. Berperan sebagai pendidik, memberikan pengetahuan atau cara-cara baru dalam budidaya tanaman agar petani lebih terarah dalam usaha taninya, meningkatkan hasil dan mengatasi kegagalan-kegagalan dalam usaha taninya;

2. Berperan sebagai pemimpin, yang dapat membimbing dan memotivasi petani agar mau mengubah cara berpikir, cara kerjanya agar timbul keterbukaan dan mau menerima cara-cara bertani baru yang lebih berdaya guna dan berhasil, sehingga tingkat hidupnya lebih sejahtera;

3. Berperan sebagai penasihat, yang dapat melayani, memberikan petunjuk-petunjuk dan membantu para petani baik dalam bentuk peragaan atau contoh-contoh kerja dalam usaha tani memecahkan segala masalah yang dihadapi.

 

PPL di Kalurahan Tepus yaitu Reza Oliviera Kurniawan,S.T.P. menggantikan PPL sebelumnya (Sulardi). Dalam menjalankan perannya, PPL Kalurahan Tepus bekerjasama dengan Pemerintah Kalurahan dalam hal ini lebih mengarah pada bagian Ulu-Ulu. Untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang pertanian, PPL melakukan koordinasi dengan Ulu-Ulu, Gapoktan, dan juga Ketua Kelompok Tani. PPL juga melakukan kunjungan lapangan dan melaksanakan demonstrasi dan pembinaan kegiatan kelompok tani di Kalurahan Tepus. 

Harapannya bersama dengan kelompok tani mengembangkan kelompok tani agar menjadi kekuatan ekonomi dan sosial bagi masyarakat Kalurahan Tepus.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233