Ayo Saksikan Penampilan Kesenian Ogleng : Apa Itu?

Rismel 14 November 2023 18:12:24 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Pelestarian budaya adalah upaya untuk mempertahankan nilai-nilai seni budaya, nilai tradisional dengan mengembangkan perwujudan yang bersifat dinamis, luwes, dan selektif, serta menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang selalu berubah dan berkembang. Salah satunya dengan melestarikan kesenian Ogleng di Kalurahan Tepus. Hal ini merupakan upaya atau karya pendukung terhadap adanya desa wisata dan rintisan desa budaya di Kalurahan Tepus.

Kethek Ogleng atau lebih sering disebut Ogleng adalah kesenian tradisional berupa pertunjukan tari yang para pemainnya menirukan gerakan-gerakan monyet hutan. Tarian tersebut diiringi dengan gamelan atau gending gancaran pancer yang bunyinya kurang-lebih, “ogleng, ogleng, ogleng.” Dari sanalah kemudian seni pertunjukan ini disebut "Kethek Ogleng".

Setelah sekian lama kesenian ini vakum, akhirnya kini dihidupkan kembali bersama pendampingan dari KKN AMPTA Yogyakarta yang didukung penuh oleh pihak Pemerintah Kalurahan Tepus. Untuk menyaksikan dan mengetahui secara langsung pementasan kesenian ini, secara perdana KKN AMPTA membuat acara pentas seni mempersembahkan kesenian Ogleng. Di Balai Kalurahan Tepus pada malam hari (14/11/2023). Pelaku seni ini terdiri dari masyarakat di empat Padukuhan Dloko (Walangan, Kanigoro, Dongsari, Pacungan). 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233