Peran Pemuda Dalam Menggerakkan Desa Wisata - Oleh Turistyo Pengelola Dewi Kampus

Rismel 23 November 2023 11:19:56 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Turistyo hadir sebagai pemateri atau narasumber pada acara yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial DIY di RM. Sego Abang Gunungkidul pada Rabu, 22 November 2023. Peserta yang hadir yaitu dari Karangtaruna tingkat Kabupaten Gunungkidul dalam acara diskusi Karangtaruna, acara ini bertujuan untuk penguatan jejaring Karangtaruna Gunungkidul. Narasumber adalah dari dua tokoh muda Kabupaten Gunungkidul Imam Yogya Prayoga, Candirejo dan Turistyo, Tepus. Menjadi suatu kebanggaan bagi Kalurahan Tepus karena berkesempatan untuk berbagi ilmu dan pengalaman mengenai pengelolaan desa wisata Tepus dan peran pemuda didalamnya.

Pemuda memegang peran penting dalam pengembangan dan penggerakan desa wisata Gunungkidul. Sebagai generasi muda memiliki energi, kreativitas, dan semangat yang sangat dibutuhkan untuk memajukan industri pariwisata dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Gunungkidul. Berikut adalah beberapa peran konkret yang dapat dimainkan oleh Pemuda dalam menggerakkan desa wisata Gunungkidul:

1. Konservasi alam dan budaya : pemuda melestarikan kekayaan alam dan budaya Gunungkidul melalui program pelestarian lingkungan, reboisasi, dan kegiatan pembersihan lingkungan untuk menjaga keasrian alam Gunungkidul.

2. Pengembangan produk wisata : pemuda dapat terlibat dalam pengembangan produk wisata yang menarik dan berkesan dalam hal-hal seperti agrowisata, homestay, kerajinan lokal, kuliner khas daerah, dan berbagai kegiatan wisata petualangan atau ekowisata.

3. Pemasaran dan promosi : pemuda menjadi agen pembuat konten digital yang aktif dalam mempromosikan desa wisata seperti membagikan informasi, foto, dan cerita menarik tentang destinasi wisata, sehingga meningkatkan eksposur dan daya tarik desa wisata Gunungkidul di mata para wisatawan.

4. Pelatihan dan pendidikan: terkait pelayanan wisata, manajemen usaha pariwisata, dan pengembangan keterampilan lain yang diperlukan. 

5. Kewirausahaan : pemuda sebagai pendiri usaha pariwisata, seperti agen perjalanan, penyedia jasa transportasi, penyedia jasa kuliner.

Melibatkan pemuda dalam penggerakan desa wisata Gunungkidul akan membawa banyak manfaat bagi perkembangan pariwisata. Dukungan penuh dari pemerintah dan pemangku kepentingan terkait untuk memberikan pendampingan dan pelatihan kepada pemuda akan membantu mereka dalam memainkan peran yang efektif dalam mengembangkan desa wisata Gunungkidul secara berkelanjutan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233