Hari Kedua Materi dan Praktik Agensi Hayati : Pelatihan Kelompok Tani Kalurahan Tepus

Rismel 23 November 2023 11:21:23 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Agensi hayati sangat penting dalam membantu para petani untuk meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan usaha pertanian mereka. Agensi hayati, atau biologi hayati, adalah bidang ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme hidup dengan lingkungan mereka. 

Mengingat pentingnya hal tersebut, Kalurahan Tepus memiliki program pelatihan bagi kelompok tani di Kalurahan Tepus salah satunya tentang agensi hayati.

Pelatihan agensi hayati dengan narasumber dari BPP Tepus Dian Suhartaji dan PPL Kalurahan Tepus Reza Oliviera Kurniawan, S.T.P. mencakup pemahaman tentang tanah, kompos, pengendalian hama alami, pemuliaan tanaman, dan prinsip-prinsip pertanian organik. Pengenalan terhadap organisme yang bermanfaat bagi tanaman, seperti cacing tanah, bakteri yang berguna, dan jamur mikoriza. Pelatihan dilaksanakan di Balai Padukuhan Pacungan hari kedua ini kombinasi antara teori dan praktik, Kamis 23 November 2023.

Salah satu manfaat utama dari pelatihan agensi hayati adalah memungkinkan para petani untuk mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya dalam pertanian mereka. Dengan pelatihan diharapkan memahami cara-cara yang alami dan ramah lingkungan untuk meningkatkan kesuburan tanah dan mengendalikan hama, para petani dapat mencapai hasil yang lebih baik tanpa mengorbankan kesehatan lingkungan.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233