SIDDTK Posyandu Balita Trosari I, Trosari II, dan Blekonang III - Apa Itu?

Rismel 29 November 2023 09:30:32 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Jadwal pelaksanaan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Kalurahan Tepus hari Selasa, 28 November 2023 berlangsung di Padukuhan Trosari I, Trosari II, dan Blekonang III secara bergantian. Kegiatan yang dilakukan kader kesehatan adalah memastikan kehadiran balita dalam kegiatan ini dan membantu petugas puskesmas dalam melakukan penimbangan balita. Kegiatan SDIDTK dilakukan oleh tenaga khusus bidan dan petugas kesehatan dari UPT Puskesmas Tepus II.

Menurut Kemenkes kegiatan SDIDTK terdiri dari :

1. Stimulasi dini untuk merangsang otak balita agar perkembangan kemampuan gerak, bicara dan bahasa, sosialisasi dan kemandirian pada balita berlangsung optimal sesuai dengan umur anak.

2. Deteksi dini tumbuh kembang anak adalah kegiatan pemeriksaan untuk mendeteksi atau menemukan adanya penyimpangan tumbuh kembang balita. Apabila ditemukan penyimpangan lebih dini , maka intervensi akan lebih mudah di lakukan

3. Intervensi dini adalah tindakan koreksi dengan memanfaatkan plastisitas otak anak agar tumbuh kembangnya kembali normal atau penyimpangannya tidak semakin berat.

4. Rujukan dini , apabila balita perlu dirujuk, maka rujukan juga harus dilakukan sedini mungkin sesuai dengan indikasi.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233