Kesenian Dalam Gerakan : Memahat Karya Dari Kayu Ketapel Program Sport-preneur

Rismel 30 November 2023 08:37:46 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Pemerintah Kalurahan Tepus terus mendukung program-program yang dijalankan oleh kelompok masyarakat yang memiliki nilai positif dan untuk membantu pemberdayaan masyarakat. Apalagi karya yang memiliki nilai jual, tak hanya mendukung Pemerintah Kalurahan Tepus juga akan membantu dalam memperkenalkan dan mempromosikan potensi hasil karya yang dihasilkan masyarakat melalui banyak cara. Baik kolaborasi dengan Desa Wisata, Kampung Ketapel, pihak kolega, CSR dan model promosi lainnya. 

Program Sport-preneur adalah inisiatif yang menggabungkan kreativitas seni dengan semangat kewirausahaan dalam industri olahraga. Melalui program ini, Komunitas Mlinthengan Tepus belajar untuk mengukir dan menciptakan cinderamata unik menggunakan bahan kayu ketapel, menciptakan karya seni yang memadukan kecakapan tangan dan semangat atletik.

Dalam program ini, KMT terus mengasah ketrampilan seni ukir kayu melalui beragam teknik dan alat tradisional. Mereka juga akan memahami makna dan sejarah di balik bahan baku yang digunakan, yaitu kayu ketapel yang lebih sering dari jenis kayu asem dan sawo. Kayu ini dipilih bukan hanya karena kekuatan dan kelenturannya yang unik, tetapi juga karena memberikan kesempatan untuk meresapi kearifan lokal dan keindahan alam.

Setiap cinderamata yang dihasilkan dari program ini merupakan perwujudan keunikan dan keindahan dari bahan baku kayu ketapel. Dari gantungan kunci yang dihiasi dengan motif-motif tradisional hingga piala dengan desain elegan, setiap hasil karya menyiratkan cerita dan keahlian yang melekat pada setiap ukiran.

Melalui program Sport-preneur, KMT akan mengembangkan keterampilan kewirausahaan dengan memasarkan dan menjual hasil karya mereka. KMT mendalami tentang nilai tambah dari kreasi seni, serta bagaimana cara mengomunikasikan cerita di balik setiap cinderamata kepada para calon pembeli. Hal ini tidak hanya memberikan pengalaman nyata dalam dunia bisnis, tetapi juga meningkatkan apresiasi terhadap nilai-nilai seni dan kerajinan lokal.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233