Kunjungan Wisata Di Makassar Sebagai Inspirasi Pengelola Desa Wisata Tepus

Rismel 30 November 2023 16:41:36 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Ketua Desa Wisata Tepus, bersama dengan anggota tim pemenangan ADWI 2021 - 2022, mengunjungi beberapa destinasi wisata di Kota Makassar sebagai bagian dari rangkaian kegiatan FGD Analisis Dampak Anugerah Desa Wisata Indonesia. Berlangsung pada hari ini Kamis, 30 November 2023 di kawasan wisata menarik dan terkenal di Kota Makassar. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan inspirasi dan wawasan baru kepada pengelola desa wisata dalam mengembangkan potensi pariwisata lokal.

Dalam kunjungan tersebut, tim hadir di beberapa destinasi wisata untuk mempelajari berbagai praktek terbaik dalam pengelolaan dan pemasaran destinasi wisata. Mereka diberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan pengelola destinasi wisata lokal, mempelajari strategi pemasaran, dan melihat langsung bagaimana pengelolaan kebersihan dan keamanan dilakukan di setiap lokasi.

Manfaat dari kunjungan ini adalah memberikan pengalaman langsung kepada pengelola Desa Wisata Tepus tentang cara-cara inovatif yang dapat diterapkan dalam pengelolaan destinasi wisata mereka. Dapat mempelajari  mengenai penggunaan potensi lokal, pengelolaan yang berkelanjutan, strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, dan tentunya untuk menikmati keindahan destinasi wisata sebagai refreshing. Selain itu, kunjungan ini juga dapat membuka wawasan baru tentang bagaimana destinasi wisata dapat menjadi motor penggerak ekonomi lokal yang berkelanjutan.

Dengan pengalaman langsung ini, diharapkan pengelola Desa Wisata Tepus dapat mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang potensi dan tantangan dalam pengembangan destinasi wisata di Tepus. Tepus juga dapat mengadopsi praktek terbaik yang dipelajari selama kunjungan untuk diterapkan di Desa Wisata Tepus, sehingga dapat meningkatkan daya tarik destinasi wisata dan memberikan manfaat ekonomi yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat.

Beberapa destinasi wisata yang dikunjungi oleh Ketua Desa Wisata Tepus :

1. Masjid 99 kubah

Masjid 99 Kubah dirancang oleh Ridwan Kamil yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat. Sesuai dengan namanya, Masjid 99 Kubah ini dikelilingi oleh kubah yang berjumalah 99. Jumlah kubah tersebut tidak lain merupakan 99 nama Allah SWT yang disebut Asmaul Husna. Penggunaan 99 kubah tersebut dimaksudkan agar umat Islam selalu mengingat keagungan nama-nama Allah SWT. Kubah berjumlah 99 dihiasi warna-warna cerap, yaitu merah, jingga, dan kuning. 

2. Pantai Losari

Pantai Losari adalah atraksi wisata ikonik Kota Makassar. Di Pantai Losari dapat menyaksikan deretan patung pahlawan Sulawesi Selatan. Seperti Sultan Hasanuddin, Arung Palakka, Sultan Alauddin, dan patung-patung tokoh lainnya yang berdiri megah di anjungan Pantai Losari.

3. Benteng Rotterdam 

Benteng Fort Rotterdam merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Gowa-Tallo yang terletak di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Benteng ini dibangun pada 1545 oleh Raja Gowa ke-10 yang bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung dengan gelar Karaeng Tunipalangga Ulaweng.

4. Makam Pangeran Diponegoro 

Lokasi tepatnya Makam Pangeran Diponegoro berada di Kompleks Kampung Jawa, tepatnya di Kelurahan Melayu, Kecamatan Wajo, Kota Makassar.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233