Jadwal SDIDTK Balita di 4 Padukuhan, Blekonang I, Blekonang II, Dongsari, Pacungan

Rismel 01 Desember 2023 11:34:03 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Hari Jumat, 01 Desember 2023 pelaksanaan penimbangan posyandu balita Padukuhan Dongsari dan Padukuhan Pacungan. Selain itu juga dilaksanakan di Padukuhan Blekonang I dan Blekonang II. Jadwal pelaksanaan tersebut awalnya telah tersusun berdasarkan koordinasi pihak Puskesmas dengan kader kesehatan sehingga kader kesehatan dapat mempersiapkan kehadiran peserta.Kegiatan ini diselenggarakan secara bersamaan dengan jadwal Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang Balita (SDIDTK) untuk pemantauan tumbuh kembang balita oleh Puskesmas Tepus II. Tim kesehatan yang hadir terdiri dari bidan Bundarini dan petugas kesehatan lainnya. Tim kesehatan mendatangi posyandu Dongsari dan Pacungan secara bergantian. Dan kader kesehatan masing-masing Padukuhan telah bersiap membantu dan menunggu kedatangan petugas.

Kegiatan dimulai dengan kader kesehatan melakukan pengukuran berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala balita. Setelah itu, hasil pengukuran dicatat dalam buku rekapan balita. Selanjutnya, tim mengisi formulir deteksi dini tumbuh kembang balita sesuai dengan hasil pengukuran dan pemeriksaan awal.

Kemudian, petugas kesehatan melakukan pemeriksaan lanjutan dengan menggunakan bantuan Posyandu Kit, yaitu alat peraga yang berisi berbagai tes untuk mengamati perkembangan balita. Tes tersebut antara lain meliputi pengenalan warna, huruf, dan angka, serta tes pendengaran dan penglihatan. Selain itu, tim juga berinteraksi langsung dengan balita untuk membangun pendekatan yang lebih personal dalam mengamati respons dan interaksi balita.

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan deteksi dini terhadap perkembangan tumbuh kembang balita dan memberikan intervensi yang tepat jika ditemukan kelainan. Dengan menggabungkan kegiatan posyandu dengan program deteksi dini dari Puskesmas, masyarakat di Padukuhan Dongsari dan Pacungan dapat menikmati manfaat pelayanan kesehatan yang komprehensif dan terpadu, sehingga tercipta masyarakat yang lebih sehat dan berkembang secara optimal.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233