Jadwal SDIDTK Balita Padukuhan Gembuk dan Tegalweru

Rismel 02 Desember 2023 12:01:22 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Hari Sabtu tetap produktif, posyandu Padukuhan Gembuk dan Tegalweru Kalurahan Tepus Kapanewon Tepus melaksanakan penimbangan balita dan jadwal SDIDTK dari Puskesmas, 02 Desember 2023. "Kami telah memberikan informasi jadwal kunjungan dan pemeriksaan dari Puskesmas kepada ibu balita, sehingga kehadiran balita maksimal dan dapat menerima pelayanan kesehatan. Setelah penimbangan selesai kami mengisi hasil penimbangan pada buku KMS, buku arsip posyandu, dan membagikan PMT balita," kata Warningsih kader Tegalweru.

Pelaksanaan deteksi dini tumbuh kembang balita yang dilakukan oleh Puskesmas Tepus II bersama kader kesehatan Kalurahan Tepus memiliki berbagai manfaat penting, antara lain:

1. Identifikasi Dini Kelainan atau Gangguan Tumbuh Kembang: Melalui deteksi dini, Puskesmas dapat mengidentifikasi secara dini adanya kelainan atau gangguan dalam tumbuh kembang balita. Ini memungkinkan pemberian intervensi medis dan perawatan yang tepat untuk memaksimalkan potensi tumbuh kembang anak.

2. Pemberian Perawatan dan Intervensi yang Tepat: Setelah melakukan deteksi dini, Puskesmas dapat memberikan perawatan dan intervensi yang tepat sesuai dengan hasil evaluasi tumbuh kembang balita. Hal ini dapat membantu mengatasi masalah kesehatan atau perkembangan secara lebih efektif, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

3. Peningkatan Kualitas Kehidupan Anak: Dengan mendeteksi dini masalah tumbuh kembang, Puskesmas dapat memberikan dukungan dan perawatan yang sesuai, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas kehidupan anak serta potensi mereka untuk mencapai perkembangan yang optimal.

4. Memberikan Edukasi dan Dukungan kepada Orang Tua: Melalui deteksi dini tumbuh kembang balita, Puskesmas juga memberikan edukasi dan dukungan kepada orang tua atau keluarga balita. Orang tua akan diberikan informasi tentang perawatan anak, stimulasi perkembangan yang tepat, pola asuh yang baik, dan pengetahuan mengenai tumbuh kembang balita.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233