Beberapa Langkah Mengatasi Modus Kejahatan Teknologi Melalui APK - Waspada

Rismel 05 Desember 2023 11:14:01 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Sangat penting untuk waspada terhadap modus kejahatan baru yang muncul, terutama terkait dengan teknologi dan keamanan digital. Salah satu modus kejahatan yang sering terjadi adalah menggunakan APK palsu atau aplikasi palsu untuk menyusup ke dalam perangkat yang spesifik dan mencuri informasi pribadi. Untuk mengatasinya, ada beberapa langkah yang dapat diambil:

1. Tidak mengklik tautan yang mencurigakan.

Jika menerima kiriman atau tautan ke APK PPS Pemilu 2024, sebaiknya tidak mengkliknya terlebih dahulu. Banyak modus kejahatan saat ini menggunakan tautan palsu untuk meretas perangkat atau menginstal malware berbahaya. Jangan pernah mengklik tautan dari sumber yang tidak jelas atau tidak terpercaya.

2. Verifikasi sumber undangan atau aplikasi.

Saat menerima undangan atau aplikasi, pastikan untuk memverifikasi sumbernya. Jika ini berkaitan dengan Pemilu 2024, pastikan undangan berasal dari sumber yang resmi dan terpercaya. Hal yang sama berlaku untuk aplikasi apapun yang diunduh. Pastikan untuk mendapatkan aplikasi dari sumber resmi seperti Google Play Store atau Apple App Store.

3. Perbarui perangkat dan aplikasi secara berkala.

Salah satu cara terbaik untuk melindungi perangkat dari serangan yang disebabkan oleh celah keamanan adalah dengan memastikan perangkat dan aplikasi selalu diperbarui dengan versi terbaru. Perbaruan ini sering kali mengatasi kerentanan keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh penjahat cyber.

4. Gunakan perangkat lunak anti-malware.

Memasang perangkat lunak keamanan yang dapat memindai dan melindungi perangkat dari malware, virus, dan ancaman keamanan lainnya adalah langkah yang sangat penting. Pastikan untuk menggunakan aplikasi anti-malware yang terpercaya dan terkini.

5. Berbagi informasi dan edukasi.

Sangat penting untuk berbagi informasi tentang modus kejahatan baru seperti modus yang sedang marak disampaikan kepada masyarakat luas. Memberikan edukasi tentang langkah-langkah pencegahan keamanan digital membantu masyarakat memahami risiko dan cara melindungi diri mereka sendiri.

6. Waspadai perubahan pola perilaku atau permintaan informasi pribadi.

Jika menerima undangan atau permintaan informasi pribadi yang mencurigakan, waspadalah dan verifikasikan kebenarannya sebelum melanjutkan. Penjahat cyber sering menggunakan teknik sosial engineering untuk mencuri informasi pribadi atau meretas perangkat.

Dengan meningkatkan kesadaran akan modus kejahatan digital dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, masyarakat dapat melindungi diri dari serangan keamanan digital. Pihak Pemerintah Kalurahan Tepus menyampaikan informasi ini dan berharap agar bermanfaat dan membantu masyarakat dalam melindungi diri mereka sendiri dari ancaman keamanan digital yang terus berkembang dan marak disaat ini.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233