Gotong Royong dan Tradisi Munggah Suwunan

Rismel 10 Desember 2023 11:30:30 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Padukuhan Pudak, Minggu 10 Desember 2023 warga masyarakat mengikuti kegiatan gotong royong dalam rangka membantu pekerjaan warga lainnya. Yaitu dalam rangka pembangunan RTLH dengan bantuan dukungan dari dana BKK yang telah memasuki proses melengkapi atau menutupi bagian atap. Rumah tersebut milik Saimin warga RT 02 Padukuhan Pudak.

Definisi bagian atap rumah pada umumnya di Kalurahan Tepus yaitu terdiri dari kayu-kayu penopang dan genteng. Bagian dari kayu-kayu tersebut diantaranya ada kayu usuk, kayu reng, dan kayu suwunan. Gotong royong kali ini yaitu munggah suwunan yang berarti memasang atau menaikkan kayu berbanjar ke atas bangunan untuk selanjutnya disusun bahan atap.

Tradisi munggah suwunan juga identik dengan diadakannya doa bersama yang dipimpin oleh rais dalam rangka ucap puji syukur karena proses pembangunan rumah telah memasuki tahap akhir penyelesaian. Bentuk gotong royong dan pelestarian tradisi ini dipercaya masyarakat bahwa rumah tersebut telah diresmikan secara spiritual sehingga dapat ditempati dengan suasana sejuk dan diharapkan mendapatkan ketentraman bagi keluarga yang tinggal di rumah tersebut.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233