Wayang Wong : Warisan Budaya Tontonan Mengandung Tuntunan

Rismel 10 Desember 2023 11:51:59 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Wayang Wong merupakan drama tari tradisional Jawa yang ditampilkan dengan kostum rumit, gerakan ekspresif, dan diiringi musik gamelan. Bentuk kesenian tradisional ini merupakan perpaduan antara tari, drama, dan musik, dan sering kali menggambarkan kisah-kisah seperti Ramayana dan Mahabharata. Para pemain Wayang Wong menggunakan topeng dan kostum yang rumit untuk menggambarkan berbagai karakter, dan gerakan mereka bercirikan keanggunan dan ketepatan.

Pertunjukan khas Wayang Wong melibatkan sekelompok penari yang diiringi oleh pemusik yang memainkan alat musik tradisional Jawa seperti gamelan. Para penari mengambil peran karakter yang berbeda dan memerankan sebuah cerita, sering kali menggabungkan koreografi yang kompleks dan gerakan dramatis. Pertunjukan biasanya diadakan di panggung, memberikan pengalaman visual bagi penonton.

Ini juga berfungsi sebagai sarana menghibur dan mendidik masyarakat tentang narasi sejarah dan mitologi, sekaligus menyampaikan pesan moral dan etika melalui pertunjukannya. Pentingnya Wayang Wong sebagai warisan budaya terletak pada kemampuannya menghubungkan masyarakat dengan kekayaan tradisi, memberikan gambaran sekilas tentang kepercayaan dan praktik masa lalu. Dimasukkannya Wayang Wong dalam perayaan budaya di Stone Valley Heha Pantai Poktunggal Kalurahan Tepus Kapanewon Tepus Kabupaten Gunungkidul merupakan contoh komitmen untuk menampilkan dan menumbuhkan apresiasi terhadap warisan budaya lokal (09/12/2023).

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233