Mengenal PD3I - Maksimalkan Capaian Imunisasi Balita Kalurahan Tepus

Rismel 12 Desember 2023 22:40:09 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Luluk Erdika, SKM bidang surveilans UPT Puskesmas Tepus II menyampaikan materi pembahasan dalam rakor rutin bersama kader kesehatan Kalurahan Tepus di aula Puskesmas Tepus II, Selasa (12/12/2023).

Mengenal dan mencegah terjadinya penyakit PD3I. PD3I adalah singkatan dari Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. PD3I merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Untuk penyakit yang disebabkan oleh virus diantaranya Cacar, Campak-rubela, pertusis (batuk 100 hari), difteri, tetanus neonatorum, dan Polio. Beliau juga menjelaskan tentang tanda-tanda dan cara mengatasinya. Penyakit-penyakit tersebut dapat dicegah dengan cara dilakukan imunisasi dini, salah satunya berawal dari imunisasi dasar lengkap pada bayi dan balita.

Untuk memaksimalkan capaian imunisasi bidan pembina wilayah Kalurahan Tepus Bundarini,S.Tr.Keb melakukan validasi data capaian imunissa pada bayi dan baduta di Kalurahan Tepus bekerjasama dengan kader kesehatan. Dengan cara melakukan validasi sanding data puskesmas dengan kroscek lapangan oleh kader pada buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan berupa tindakan mengingatkan menganjurkan kepada ibu balita untuk membawa anaknya ke fasilitas kesehatan untuk terpenuhi imunisasinya. Disini peran aktif kader sebagai penghubung dan penyalur informasi dan himbauan sangatlah penting.

Dalam mendukung adanya capaian imunisasi yang maksimal, butuh dukungan dari berbagai pihak. Baik orang tua sebagai pengasuh, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan juga dukungan dari pemerintah setempat. Bersama-sama menyadari pentingnya kesehatan ibu dan anak.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233