Gapoktan Tepus - Wahana Edukasi dan Wisata Lumbung Mataraman Semin

Rismel 17 Desember 2023 13:42:13 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Rombongan Gapoktan Tepus melakukan kunjungan ke Lumbung Mataraman di daerah Gunungkidul. Dalam rangka meningkatkan SDM petani Kalurahan Tepus dengan berkunjung untuk mengamati konsep Lumbung Mataraman sebagai upaya ketahanan pangan dan berinteraksi langsung dengan pengelola di Kalurahan Bendung Kapanewon Semin Kabupaten Gunungkidul.

Konsep Lumbung Mataraman Bendung dalam rangka ketahanan pangan ada berbagai jenis tanaman antara lain tanaman holtikultura dan peternakan berupa : Fermentasi pakan, Kandang mendha, Lahan jagung, Lahan cabai, Omah bibit, Tanaman buah pepaya, Tanaman buah anggur, dan lainnya.

Lumbung Mataraman Bendung berada di Desa Wisata Among Kismo, Kalurahan Bendungan Kapanewon Semin Kabupaten Gunungkidul. Sebagai Lurah, Didik Rubiyanto menjelaskan konsep dan gambaran pengelolaan dan berjalannya agro edu wisata Lumbung Mataraman. 

Sarasehan di Pendopo Sasono Nowo Krido kawasan kantor balai Kalurahan Semin, disampaikan mengenai lahan tanah kas desa (1,5 ha), sewa menyewa, pengesahan Gubernur, legalitas, konsep gambar, sumber dana dari Dais, perimbangan dana desa, swadaya masyarakat, penanggungjawab, pengelola Lumbung Mataraman dan kerjasama dengan pihak ketiga.

"Lumbung Mataraman dapat tercapai tidak berpengaruh pada status desa harus desa budaya dan lainnya. Pengalaman dari kami adalah konsistensi dari swasembada masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan. Diawali dengan membangun SDM dan optimalisasi persamaan persepsi, selanjutnya dukungan pendanaan dan lahan dapat diusahakan. Pengelolaan Lumbung Mataraman di sini yaitu kolaborasi antara Gapoktan, Bumkal, Desa Wisata, Desa Prima, Desa Preneur. Semoga kita bisa bekerjasama dengan baik untuk memajukan kesejahteraan  masyarakat melalui ketahanan pangan di daerah Gunungkidul sesuai potensi dan keunggulan masing-masing desa," jelas Didik.

Komentar atas Gapoktan Tepus - Wahana Edukasi dan Wisata Lumbung Mataraman Semin

Tobii 08 Juni 2024 05:24:24 WIB
Mohon kontak person informasi dan reservasi lumbung mataram

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung