Peran RT RW dan Sinergitas Dengan Pemerintah Kalurahan Sebagai Pelayan Publik

Rismel 22 Desember 2023 12:25:35 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - RT (Rukun Tetangga) dan RW (Rukun Warga) adalah lembaga pemerintahan tingkat paling bawah di tingkat desa/kalurahan. Mereka memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kerukunan dan ketertiban masyarakat di padukuhan. RT merupakan unit administrasi terkecil di tingkat Kalurahan Tepus, yang dipimpin oleh seorang Ketua RT, sedangkan RW merupakan gabungan dari beberapa RT yang dipimpin oleh seorang Ketua RW.

Peran RT dan RW sangat vital dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan kerukunan di padukuhan. Mereka bertanggung jawab untuk mengurus administrasi kependudukan, memelihara ketertiban lingkungan, dan menyelesaikan perselisihan di tingkat masyarakat. Selain itu, RT dan RW juga memiliki peran dalam menyampaikan informasi dari pemerintah Kalurahan melalui dukuh kepada masyarakat, serta menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam mengatasi permasalahan masyarakat di tingkat paling mendasar.

Dalam menjalankan tugasnya, sinergi yang baik antara RT, RW, dan pemerintah Kalurahan sangat diperlukan. RT dan RW sebagai ujung tombak pemerintah Kalurahan harus bekerja sama dengan dukuh selaku perangkat pemerintah Kalurahan untuk menyampaikan aspirasi dan kebutuhan masyarakat secara efektif. "Pemerintah Kalurahan juga memberikan arahan, bimbingan, serta dukungan kepada RT dan RW dalam menjalankan tugasnya. Sinergi yang baik antara RT, RW, dan pemerintah Kalurahan dapat terwujud melalui berbagai cara, antaranya rapat koordinasi rutin, pelatihan dan sosialisasi, maupun pengembangan program kerja. Dengan adanya pelayan publik yang sinergi dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien," ucap Hendro Pratopo, S.IP Lurah Tepus dalam sambutan acara pertemuan RT RW Kalurahan Tepus (Jumat, 22 Desember 2023).

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233