Sedekah Laut Pantai Watulawang - Hubungan Harmonis Antara Manusia dan Alam

Rismel 25 Desember 2023 15:42:37 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Salah satu budaya yang ditonjolkan dalam nyadran adalah adanya sedekah laut. Konsep sedekah laut ini merupakan wujud rasa syukur masyarakat terhadap rezeki yang diberikan oleh laut. Masyarakat lokal percaya bahwa dengan memberikan sedekah kepada laut, mereka akan mendapatkan berkah dan keselamatan bagi para nelayan serta masyarakat secara keseluruhan. Tradisi ini mencerminkan hubungan yang harmonis antara manusia dan alam, di mana manusia diharapkan untuk merawat alam sekitar sebagai bentuk penghormatan atas segala anugerah yang diberikan. Seperti halnya kegiatan nyadran sedekah laut tahun ini di kawasan Pantai Watulawang, Gunungkidul (Senin, 25 Desember 2023).

Melalui partisipasi dalam nyadran, masyarakat dapat merasakan manfaat secara spiritual dan sosial. Secara spiritual, masyarakat percaya bahwa dengan melaksanakan tradisi nyadran, mereka akan mendapatkan berkah dan perlindungan dari leluhur serta alam. Sementara dari segi sosial, acara nyadran menjadi momen untuk mempererat tali persaudaraan dan memupuk rasa solidaritas antar masyarakat. Dalam konteks ini, tokoh pelaksana nyadran juga memiliki peran penting dalam memastikan berlangsungnya acara dengan baik dan menggerakkan partisipasi masyarakat.

Alih-alih hanya menjadi acara keagamaan, nyadran di Pantai Watulawang berperan sebagai momentum untuk menunjukkan kekompakan masyarakat Kalurahan dalam melestarikan tradisi lokal. Dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat, dari anak-anak hingga orang dewasa, acara ini menjadi salah satu tonggak kebanggaan bagi mereka. Kebersamaan dalam melaksanakan persiapan dan pelaksanaan ritual nyadran sedekah laut Pantai Watulawang akan terus memperkuat rasa kebersamaan dan kekompakan antar warga.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233