Pengertian, Manfaat dan Rangkaian Acara Selametan Dua Tahun Setelah Meninggal

Rismel 25 Desember 2023 21:33:35 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Masyarakat Kalurahan Tepus mengadakan peringatan selametan dua tahun setelah meninggal (biasa disebut dengan istilah "mendak pindo") dengan rangkaian acara yang khusyuk dan penuh makna. Selamatan ini bertujuan untuk mendoakan almarhum/almarhumah agar mendapatkan tempat yang layak di sisi Tuhan serta sebagai ungkapan rasa syukur atas kehidupan yang diberikan. Acara selamatan ini juga menjadi momen untuk mempererat tali silaturahmi antarwarga dan meneguhkan kebersamaan dalam menghadapi cobaan.

Rangkaian acara selamatan diadakan dengan khidmat, dimulai dari pembacaan doa bersama, pemberian sedekah makanan kepada masyarakat, kenduri, tahlil, dan dilanjutkan dengan acara zikir dan bacaan Al-Quran. Seluruh kegiatan dilaksanakan secara gotong royong oleh masyarakat tanpa terkecuali. Setelah acara berlangsung, masyarakat juga mengadakan acara ramah tamah dan pemberian makanan kepada para tamu yang hadir.

Melalui peringatan selamatan dua tahun setelah meninggal ini, masyarakat memperlihatkan kesetiaan dan kepedulian mereka terhadap sesama serta mengingatkan akan pentingnya ketaatan kepada Tuhan. Semangat gotong royong dalam melaksanakan selamatan ini juga mencerminkan kekompakan dan keharmonisan masyarakat dalam menghadapi berbagai cobaan kehidupan. Acara selamatan dua tahun orang meninggal ini tergambarkan melalui acara yang dilaksanakan di Padukuhan Pudak RT 01 RW 19 Kalurahan Tepus, 25 Desember 2023 malam hari. Yaitu keluarga Slamet Riyadi memperingati atas meninggalnya Pur Tugi, ayah.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233