Ketua Bumkal Kalurahan Tepus Jadi Narasumber Di Kalurahan Candirejo, Semanu, Gunungkidul

Si J 28 Desember 2023 20:32:47 WIB

 Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Cerita sukses tentang kiprah Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKAL) mengundang minat di beberapa kalurahan Kabupaten Gunungkidul, DIY. Bumkal diharapkan bukan hanya menggenapi instruksi pemerintah, melainkan menjadi salah satu pintu dalam mewujudkan percepatan kesejahteraan masyarakat kalurahan.

Salah satunya berada di Kalurahan Tepus, berada di Kabupaten Gunungkidul merupakan kalurahan yang pada tahun 2017 merintis BUMKAL. Upaya serius dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak, mulai dari Pemerintah DIY dan kapanewon setempat. Kalurahan Tepus belajar dasar filosofis pendirian BUMKAL, tata aturan, dan menggali potensi masyarakat. 

Upaya yang sama juga di lakukan oleh Kalurahan Candirejo Kapanewon Semanu Belajar pengelolaan BUMKAL yang diadakan pada Kamis (28/12/022023) dengan narasumber dari Bumkal Kalurahan Tepus (Turistyo) selaku ketua Bumkal. Lurah Candirejo mengundang seluruh dukuh, lembaga kalurahan, dan tokoh aktivis kalurahan supaya pengetahuan dan wawasan tentang BUMKAL bertambah.

Dalam Paparannya Turistyo selaku narasumber mengajak para peserta memetakan masing-masing padukuhan untuk menemukan potensi sumber daya kalurahan seperti kelompok seni budaya, kepemudaan, produk olahan pangan, pertanian, hingga perdagangan. Selanjutnya potensi yang muncul hendak ditangkap kalurahan sebagai salah satu peluang pasar. Satu catatan disampaikan Turistyo kepada peserta, jenis usaha desa hendaknya memang yang bukan telah dilakukan masyarakat desa. “Prinsip utamanya usaha yang akan dipilih desa nanti jangan sampai mematikan usaha warga yang sudah lebih dulu ada. 

Selanjutnya Turistyo menyampaikan bebera peran Bumkal dalam pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diantaranya :

1. BumKal mengidentifikasi potensi UMKM sebagai mitra Desa Wisata

2. Bumkal menjadi bagian dari komponen pengembangan destinasi wisata bersama Desa Wisata dan POKDARWIS 

3. Bumkal sebagai lembaga pengusul dan pengakses Dana Pengembangan Usaha Pariwisata (DPUP) dari Kemenparekraf. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233