Mengingat Kembali Tema Debat Ketiga 07 Januari 2024 : Pilpres Pemilu 2024

Rismel 21 Januari 2024 23:43:39 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Pada tanggal 07 Januari 2024 lalu telah dilaksanakan debat Pilpres ketiga dengan tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Berikut beberapa uraian penjelasan yang menjadi fokus pembahasan tema :

1. Pertahanan: Tema ini mencakup segala aspek yang terkait dengan pertahanan suatu negara, termasuk keamanan nasional, persenjataan, intelijen militer, dan strategi pertahanan. Tujuan utamanya adalah untuk melindungi negara dari ancaman internal maupun eksternal, serta untuk mempertahankan kedaulatan negara dan kepentingan nasionalnya.

2. Keamanan: Tema ini berkaitan dengan keamanan dalam arti yang lebih luas, termasuk keamanan dalam negeri, keamanan publik, serta perlindungan terhadap ancaman seperti terorisme, penyelundupan narkoba, dan kejahatan lintas batas. Hal ini juga mencakup upaya-upaya untuk membangun ketahanan masyarakat terhadap berbagai bencana alam dan konflik sosial.

3. Hubungan Internasional: Tema ini mengacu pada hubungan antar negara, termasuk diplomasi, perdagangan internasional, aliansi militer, kerjasama internasional, dan resolusi konflik antar negara. Fokusnya adalah menjaga hubungan damai dan saling menguntungkan antar negara, serta memperhatikan kepentingan nasional masing-masing negara.

4. Geopolitik: Geopolitik mengkaji hubungan antara kekuatan politik dan geografi, serta dampaknya terhadap pertahanan dan keamanan suatu negara. Ini mencakup analisis tentang peta kekuatan global, pengaruh regional, perubahan politik atau pergeseran kekuatan di berbagai wilayah, serta dampaknya terhadap stabilitas dan keamanan global.

Tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik sangat penting dalam konteks keseluruhan stabilitas global, karena upaya-upaya dalam tema ini sangat menentukan arah dan kondisi hubungan antarnegara dan dampaknya terhadap keamanan global.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233