Apa Saja Yang Disampaikan Saat Penyampaian Materi Bimtek KPPS 2024

Rismel 29 Januari 2024 23:50:27 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilu 2024 (29 Januari 2024) disampaikan beragam materi teknis yang bertujuan untuk mempersiapkan KPPS dalam melaksanakan tugasnya dengan baik. Beberapa materi teknis yang disampaikan oleh PPK Kapanewon Tepus dalam acara Bimtek KPPS Kalurahan Tepus Pemilu 2024 antara lain:

1. Prosedur dan Tata Cara Pemilihan: Materi ini mencakup penjelasan mendetail mengenai prosedur dan tata cara pemungutan suara, termasuk identifikasi pemilih, verifikasi dokumen pemilih, serta prosedur penghitungan suara.

2. Penggunaan Sistem Informasi Pemilu: KPPS diajarkan mengenai penggunaan sistem informasi pemilu yang digunakan untuk melaporkan hasil pemilihan dan perhitungan suara. Mereka diberikan pelatihan dalam menggunakan perangkat teknologi yang diperlukan untuk melaporkan hasil pemilihan dengan akurat dan tepat waktu. Yaitu melalui Aplikasi SIREKAP.

3. Penanganan Surat Suara dan Perlengkapan Pemilu: Materi ini mencakup prosedur penanganan surat suara, segel surat suara, dan pengamanan perlengkapan pemilu lainnya. KPPS diberikan instruksi mengenai bagaimana menyimpan surat suara dengan aman sebelum dimulainya pemungutan suara.

4. Penanganan Situasi Darurat: KPPS dilatih mengenai tindakan darurat yang perlu dilakukan dalam situasi krisis atau keadaan darurat selama proses pemungutan suara.

5. Pengawasan Pemungutan Suara: Materi ini mencakup penekanan terhadap pentingnya pengawasan terhadap proses pemungutan suara untuk memastikan keabsahan dan kejujuran hasil pemilihan.

6. Penanganan pengetahuan hukum dan etika yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas sebagai Penyelenggara Pemungutan Suara.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233