Pengoperasian Aplikasi SIREKAP Pemilu 2024 - Kendala Yang Mungkin Muncul

Rismel 04 Februari 2024 22:16:23 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - SIREKAP (Sistem Informasi Rekapitulasi) adalah aplikasi yang digunakan untuk mempermudah proses penginputan dan rekapitulasi hasil pemilihan. Akhir-akhir ini para KPPS yang bertugas mengoperasikan aplikasi tersebut sering memperbincangkan kesiapan mengoperasikan, dengan berkoordinasi dengan PPS dan PPK penyelenggara pemilu. Seiring dengan penggunaan teknologi ini, beberapa kendala bisa muncul. Seperti update saat ini, KPPS sedang menunggu notifikasi aktivasi aplikasi dari KPU agar mereka bisa segera login. Beberapa kendala yang mungkin timbul dalam pengoperasian Aplikasi SIREKAP Pemilu Tahun 2024 antara lain:

1. Koneksi Internet: Koneksi internet yang lambat atau tidak stabil dapat menghambat proses pengoperasian Aplikasi SIREKAP. Solusinya adalah dengan memastikan menggunakan koneksi internet yang stabil. Jika memungkinkan, pihak terkait dapat memperkuat koneksi internet di lokasi TPS dengan menggunakan jaringan WiFi atau memasang sinyal penguat.

2. Masalah Teknis: Masalah teknis pada perangkat keras atau perangkat lunak HP yang digunakan untuk mengoperasikan Aplikasi SIREKAP bisa terjadi. Solusinya adalah dengan memastikan bahwa perangkat keras dan perangkat lunak dalam kondisi baik sebelum pemakaian, serta memastikan bahwa operator terlatih untuk mengatasi masalah teknis tersebut.

3. Kurangnya Pengetahuan Bagi Operator : Operator yang tidak terampil dalam menggunakan Aplikasi SIREKAP bisa menjadi kendala. Solusinya adalah dengan memberikan pelatihan dan pelatihan yang memadai sebelum hari pemungutan suara. Pelatihan ini harus mencakup bagaimana menggunakan aplikasi serta bagaimana mengatasi masalah teknis yang mungkin muncul.

Pencerahan bagi KPPS terkait dengan pengoperasian Aplikasi SIREKAP dapat dilakukan melalui penyediaan pelatihan yang intensif dan berkesinambungan sebelum hari pemungutan suara. Juga, dari penyelenggara pemilu secara berjenjang harus siap memberikan dukungan teknis dan bantuan saat diperlukan. Mengidentifikasi potensi kendala dan menyiapkan solusi yang efektif sebelum hari pemungutan suara penting untuk memastikan kelancaran proses pengoperasian Aplikasi SIREKAP.

Komentar atas Pengoperasian Aplikasi SIREKAP Pemilu 2024 - Kendala Yang Mungkin Muncul

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233