Pemantauan Jentik Berkala Padukuhan Gembuk dan Tegalweru

Rismel 26 Februari 2024 15:26:44 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Kegiatan PJB (Pemantauan Jentik Berkala) dilakukan oleh petugas kesehatan lingkungan dari Puskesmas Tepus II dan kader kesehatan (26 Februari 2024). Kegiatan ini berkala untuk memantau dan mengendalikan populasi nyamuk yang berpotensi sebagai pembawa penyakit seperti demam berdarah, malaria, dan lainnya. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mendatangi rumah-rumah warga untuk melakukan pemeriksaan terhadap tempat-tempat yang berpotensi sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk, seperti bak mandi, tempayan air, dan lainnya.

Petugas kesehatan melakukan sampling di rumah-rumah warga, berkisar antara 5 hingga 10 rumah per kali kunjungan. Mereka memeriksa apakah terdapat jentik-jentik nyamuk di tempat-tempat yang memungkinkan, seperti genangan air. Jika ditemukan jentik-jentik nyamuk, petugas akan memberikan edukasi kepada pemilik rumah tentang langkah-langkah untuk menghilangkan tempat perkembangbiakan nyamuk tersebut, seperti memberikan larutan abate atau menjaga kebersihan tempat-tempat penampungan air, dan penerapan 3M+.

Dengan memantau dan mengendalikan populasi nyamuk, kegiatan ini dapat membantu mencegah penyebaran penyakit yang dibawa oleh nyamuk. Dengan mengeliminasi tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk, maka potensi penularan penyakit dapat dicegah.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233