Pemantauan Jentik Juga Dilaksanakan di Ngasem dan Singkil

Rismel 28 Februari 2024 18:33:58 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Pemantauan jentik berkala yang dilakukan di Padukuhan Ngasem dan Singkil Kalurahan Tepus bertujuan untuk mengendalikan dan mencegah penyebaran nyamuk Aedes aegypti yang menjadi vektor penyakit seperti demam berdarah. Tempat penampungan air yang menjadi sasaran pemantauan di program ini meliputi:

1. Bak Mandi: Bak mandi merupakan tempat penampungan air yang sering menjadi sasaran pemantauan karena seringkali terbengkalai dan menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk Aedes aegypti.

2. Drum atau Tong Air: Drum atau tong air yang digunakan untuk menyimpan air juga menjadi sasaran pemantauan, terutama jika tidak tertutup rapat dan rentan tergenang air hujan.

3. Tempayan Air: Tempayan air yang digunakan sebagai penampungan air juga menjadi fokus pemantauan, terutama jika tidak tertutup dengan baik.

4. Pot Bunga atau Ember: Pot bunga dan ember yang mengandung air hujan juga menjadi area yang perlu dipantau untuk mencegah penyebaran jentik nyamuk.

Peran masyarakat dalam menjaga kesehatan lingkungan ini sangat penting.

Masyarakat diharapkan untuk secara rutin. Masyarakat juga dapat berperan dalam menyebarkan informasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan tempat penampungan air dan cara-cara untuk mencegah berkembangbiaknya jentik nyamuk kepada tetangga dan anggota komunitas lainnya.

Pada tanggal 27 Februari 2024 dilakukan pemantauan jentik oleh kader kesehatan didampingi petugas kesehatan Puskesmas Tepus II di rumah-rumah warga.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233