Waspada Kasus Demam Berdarah - Pemberantasan Sarang Nyamuk dan 3M Plus

Rismel 28 Februari 2024 18:45:12 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Menghadapi musim penghujan, masyarakat diharapkan dapat aktif dalam menjaga kesehatan lingkungan. Baru-baru ini UPT Puskesmas Tepus II mengingatkan kembali adanya kasus demam berdarah yang meningkat.

Untuk itu masyarakat secara mandiri juga diharapkan menjaga kesehatan lingkungan secara berkala. Yaitu dengan melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) baik di rumah maupun di lingkungan sekitar. Dengan menjaga kebersihan lingkungan dan memperhatikan tempat-tempat yang dapat menjadi sarang nyamuk, kita dapat membantu mengurangi risiko penularan demam berdarah.

Selain itu juga masyarakat agar melakukan gerakan 3M Plus (menguras, mengubur, menutup) tempat-tempat penampungan air bersih agar tidak menjadi sarang perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti. Gerakan plus- nya dapat dilakukan dengan cara memakai kelambu saat tidur, menanam tanaman anti nyamuk, dan ikanisasi.

Unsur pemangku kepentingan bersama masyarakat perlu saling mengingatkan dan bekerjasama untuk menjaga kebersihan lingkungan, menginformasikan kepada tetangga tentang pentingnya PSN dan 3M Plus, serta melaporkan jika terdapat tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk.

Selain melakukan upaya pencegahan di lingkungan, menjaga kesehatan pribadi juga sangat penting. Masyarakat diharapkan untuk memperhatikan kebersihan diri, menjaga pola makan yang sehat, dan mengkonsumsi air bersih untuk menjaga daya tahan tubuh dan mengurangi risiko terkena demam berdarah.

Saran dan anjuran yang diberikan oleh petugas kesehatan atau pemerintah setempat perlu diperhatikan dan dijalankan dengan baik untuk mencegah penularan demam berdarah.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, kita dapat bersama-sama mengurangi risiko penularan demam berdarah di lingkungan kita. Menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau petugas kesehatan, tetapi juga tanggung jawab kita semua sebagai masyarakat. Ayo, kita berperan aktif dalam memerangi penularan demam berdarah. Semangat!

Tepus, 28 Februari 2024.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233