Karawitan Marsudi Budoyo Memeriahkan Acara Hari Jadi Yogyakarta di Tepus

Rismel 13 Maret 2024 05:14:21 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Dalam malam tirakatan hari jadi Yogyakarta di Balai Kalurahan Tepus, kelompok karawitan Marsudi Budoyo dari Padukuhan Pudak turut meramaikan acara yang diselenggarakan (12/03/2024). Di bawah kepemimpinan Giman, kelompok karawitan ini berhasil memeriahkan acara di Kalurahan Tepus sekaligus beriringan secara virtual dengan acara yang diadakan di Setda DIY. 

Karawitan adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang memiliki keistimewaan tersendiri. Dengan melibatkan berbagai jenis alat musik tradisional Jawa berupa gendhing, saron, bonang, dan kendhang, karawitan mampu menciptakan suasana yang begitu khas dan memikat. Melalui irama yang indah dan lirik yang sarat makna, karawitan mampu membangkitkan rasa kecintaan terhadap kebudayaan dan sejarah yang menggema di lingkup Balai Kalurahan Tepus.

Pemberian pendidikan dan pemahaman yang lebih luas mengenai nilai-nilai budaya dan sejarah yang terkandung dalam seni karawitan, generasi muda dapat mulai memahami betapa berharganya warisan budaya tersebut. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233