Tradisi Malam Selikuran Di Padukuhan Pudak

Si J 30 Maret 2024 18:57:22 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Sabtu 30 Maret 2024 masyarakat Padukuhan Pudak melaksanakan Malam Selikuran atau yang jatuh pada malam ke-21 bulan Ramadhan, merupakan malam yang sangat istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia, yaitu satu diantara malam yang menjadi kesempatan kita mendapatkan Lailatul Qadar. Malam Selikuran juga spesial bagi warga Kalurahan Tepus salah satunya Padukuhan Pudak karena diadakan doa bersama dan tasyakuran. Balai Padukuhan menjadi tempat yang sangat spesial dalam menyambut Malam Selikuran.

Tradisi ini telah dilakukan selama bertahun-tahun dan menjadi bagian dari budaya lokal yang dijaga dan diwariskan dari generasi ke generasi. Malam Selikuran biasanya dimulai setelah waktu berbuka puasa tiba. Masyarakat baik tua maupun muda, berkumpul di balai untuk mengikuti acara yang dipersiapkan dengan penuh keceriaan. Doa bersama dipimpin langsung oleh sesepuh yang ada di padukuhan. 

Salah satu tradisi unik yang menjadi ciri khas Malam Selikuran adalah terdapat kegiatan yaitu dengan menyuguhkan berbagai menu makanan. Tradisi Malam Selikuran menjadi momen yang sangat spesial bagi masyarakat setempat. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233