Ziarah Makam Pada Bulan Ramadhan : Memberikan Penghormatan dan Doa

Rismel 09 April 2024 19:18:45 WIB

Tepus (desatepus.gunungkidulkab.go.id) - Menjelang akhir bulan Ramadhan dan memasuki bulan Syawal, kegiatan ziarah makam menjadi tradisi yang kerap dilakukan oleh masyarakat di Kalurahan Tepus beserta sanak saudara yang berasal dari perantauan. Ziarah makam merupakan suatu bentuk penghormatan dan doa bagi orang tua atau anggota keluarga yang telah meninggal, serta sebagai wujud rasa cinta dan pengabdian kepada para leluhur yang telah berpulang ke rahmatullah.

Dalam ziarah makam, masyarakat membawa bunga karangan sebagai simbol penghormatan dan kecintaan kepada yang telah meninggal. Saat tiba di makam, mereka menaburkan bunga-bunga tersebut di atas batu nisan sembari mengucapkan doa-doa yang khusyuk dan penuh harap.

Ziarah ke makam bukan hanya sekedar ritual atau tradisi semata, namun juga sebagai bentuk peringatan bagi kita akan keterbatasan hidup di dunia ini dan sebagai ajakan untuk selalu mengingat kehidupan akhirat yang hakiki. Dengan berdoa dan mengingat orang-orang yang telah pergi, kita diingatkan akan pentingnya kesucian hati, pengampunan, dan persiapkan diri untuk menghadapi akhirat kelak.

Dengan penuh pengharapan dan rasa hormat, masyarakat yang menjalankan ziarah makam di akhir bulan Ramadhan mempersembahkan doa-doanya untuk keberkahan, maaf, dan ampunan bagi orang-orang yang telah meninggal. Dengan harapan bahwa doa yang dipanjatkan bisa menjadi bantuan dan penjagaan bagi mereka di alam kubur dan di kehidupan setelah mati. Semoga ziarah makam ini selalu diiringi dengan niat yang tulus dan ikhlas, serta menjadikan kita sebagai manusia yang selalu bersyukur, bertaqwa, dan selalu mengingat kehidupan akhirat sebagai pegangan hidup kita di dunia ini (09/04/2024).

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kontak Layanan

WhatsApp : 082 325 378 233